Tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli akun Netflix, Viu, dan Spotify di Twitter

Fadilla, Ahmad Dhani (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli akun Netflix, Viu, dan Spotify di Twitter. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036046_AHMAD_DHANI_FADILLA;] Text (SKRIPSI_1602036046_AHMAD_DHANI_FADILLA;)
SKRIPSI_1602036046_AHMAD_DHANI_FADILLA;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, praktik jual beli pun mengalami perkembangan terkait barang maupun jasa yang diperjualbelikan salah satunya adalah jual beli akun premium suatu aplikasi di media sosial (Twitter). Praktik jual beli ini marak terjadi di media sosial Twitter yang merupakan wadah termudah dalam mempromosikan barang atau jasa dagangannya. Cukup dengan membalas unggahan orang lain sudah bisa mendapatkan pembeli dan bahkan banyak pengguna Twitter yang mencari para penjual akun premium tersebut. Netflix, Viu, dan Spotify merupakan aplikasi-aplikasi yang sering dicari para pembeli. Dengan harga yang jauh lebih murah dibanding yang ditawarkan aplikasi-aplikasi tersebut menjadikan alasan kuat para pembeli untuk membeli akun premium dibanding membayar langsung kepada aplikasi tersebut. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang janggal terkait praktik jual beli akun premium Netflix, Viu, dan Spotify di Twitter ini. Selain harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding harga yang dipasang aplikasi-aplikasi tersebut, juga tentang kepemilikan akun-akun yang diperjualbelikan terasa membingungkan. Akun-akun aplikasi yang sudah dibeli tersebut apabila sudah habis masa berlakunya maka akan ditarik kembali oleh si penjual dan akan diperjualbelikan kembali. Atas adanya persoalan-persoalan tersebut peneliti bertujuan untuk antara lain; pertama, untuk mengetahui praktik jual beli akun premium Netflix, Viu, dan Spotify di Twitter. Kedua untuk mengetahui hukum Islam jual beli akun premium Netflix, Viu, dan Spotify di Twitter.
Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka terdapat permasalahan pokok antara lain; pertama bagaimana praktik jual beli akun premium di Twitter, dan kedua bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli akun premium di Twitter.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian (field research) yaitu kegiatan penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan yang berada di dalam aplikasi Twitter. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif pendekatan induktif. Penelitian ini diambil dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari para narasumber. Sumber data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, buku, jurnal, al-Qur’an, al-Hadits dan sumber-sumber lainnya.
Penulis menyimpulkan; pertama, praktik jual beli ini bertentangan dengan aturan yang ditetapkan ketiga aplikasi tersebut bahwa komersialisasi tanpa seizin penyedia aplikasi itu dilarang. Kedua, adanya kekeliruan akad bahwasanya praktik jual beli ini tidak sepenuhnya jual beli melainkan terdapat beberapa akun yang bertransaksikan akad sewa menyewa. Ketiga, atas dasar tidak semua akun itu diperjualbelikan dan sebagian merupakan sewa menyewa maka hak milik pembeli terhadap akun yang dibeli pun tidak hanya milik pembeli sepenuhnya melainkan terdapat beberapa akun yang hanya dimiliki manfaatnya saja oleh pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Akun media sosia; Netflix; Viu; Spotify; Twitter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 05 Apr 2022 01:48
Last Modified: 05 Apr 2022 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics