Analisis sewa joki menaikkan jam tayang Youtube dalam grup Facebook Youtuber pemula Indonesia menurut perspektif hukum ekonomi syariah

Hanif, Edo Naufal (2021) Analisis sewa joki menaikkan jam tayang Youtube dalam grup Facebook Youtuber pemula Indonesia menurut perspektif hukum ekonomi syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036088_EDO_NAUFAL_HANIF;] Text (SKRIPSI_1602036088_EDO_NAUFAL_HANIF;)
SKRIPSI_1602036088_EDO_NAUFAL_HANIF;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Saat ini praktik sewa joki YouTube sangat diminati dalam grup Facebook YouTuber pemula Indonesia. YouTuber pemula kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tugas dari YouTube untuk melengkapi 1000 (seribu) subscriber dan 4000 (empat ribu) jam tayang waktu tonton sebagai persyaratan monetisasi channel YouTube. Tugas joki YouTube untuk meningkatkan jam tayang dan subscriber sesuai dengan permintaan dari pihak penyewa. Dengan alasan tersebut, joki menjadi jalan pintas bagi para YouTuber pemula untuk mempermudah mendapatkan jam tayang. Dengan menggunakan joki proses mendapatkan jam tayang dan subscriber lebih cepat. Jasa joki ini, tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus. Setelah jam tayang dinaikkan oleh joki, jam tayang dapat kembali seperti semula apabila terdeteksi spam oleh pihak YouTube. Hal ini berakibat upaya yang dilakukan oleh joki menjadi sia-sia. Selain itu, kita tidak dapat menentukan sifat dari pengguna penyedia layanan joki dan ketentuan hukum Islam dari perikatan jasa joki tersebut. Dengan adanya persoalan tersebut peneliti bertujuan antara lain; Pertama, mengetahui praktik sewa joki menaikkan jam tayang YouTube yang beredar dalam grup Facebook dan kedua, untuk mengetahui dan menjelaskan analisa praktik sewa joki menaikkan jam tayang YouTube dalam grup Facebook menurut pandangan hukum Islam.
Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka terdapat permasalahan pokok antara lain ; pertama, bagaimana pelaksanaan sewa joki menaikkan jam tayang melalui media sosial Facebook dan kedua, bagaimana analisis hukum Islam terhadap sewa joki menaikkan jam tayang YouTube melalui media sosial Facebook.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu kegiatan penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan yang berada dalam grup Facebook YouTuber pemula Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis kualitatif pendekatan induktif. Penelitian ini diambil dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari para informan. Sumber data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, peraturan YouTube yang berlaku dan dokumentasi serta buku, jurnal, al-Qur’an, al-Hadits dan sumber-sumber lainnya.
Peneliti menyimpulkan pertama, Praktik sewa joki menaikkan jam tayang dalam grup Facebook YouTuber pemula Indonesia mulai dari kesepakatan, pembayaran dan pengerjaan pihak joki dilakukan melalui online. Karena dilakukan secara online timbul penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan oleh pihak joki yang tidak bertanggung jawab yaitu, terdapat joki yang tidak melaksanakan kewajiban yang sudah disepakati. Hal ini berakibat penyewa tidak mendapatkan manfaat dari transaksi tersebut. Kedua, Transaksi sewa joki menaikkan jam tayang YouTube dalam grup Facebook menurut hukum Islam dapat menjadi tidak sah atau akad nya dianggap batal karena, terdapat joki yang melaksanakan transaksi dengan tidak memenuhi syarat dan rukun ija>rah sehingga penyewa tidak mendapatkan manfaat dari akad tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sewa Joki; Youtube; Facebook; Youtber; Hukum ekonomi syariah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:27
Last Modified: 08 Apr 2022 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics