Peran pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) Kusuma Jaya dalam memberdayakan masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Sena, Faima Ulfaizah Adya (2021) Peran pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) Kusuma Jaya dalam memberdayakan masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046008_FAIMA_ULFAIZAH_ADYA_SENA] Text (SKRIPSI_1601046008_FAIMA_ULFAIZAH_ADYA_SENA)
SKRIPSI_1601046008_FAIMA_ULFAIZAH_ADYA_SENA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas dua rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana peran Posdaya Kusuma Jaya dalam memberdayakan keluarga di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, 2) Bagaimana wujud peran Posdaya Kusuma Jaya dalam memberdayakan keluarga di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peran Posdaya Kusuma Jaya dalam memberdayakan keluarga di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dan mengetahui wujud peranPosdaya Kusuma Jaya dalam memberdayakan keluarga di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik credibility dan confirmability sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik.
Hasil dari penelitian ini adalah Peran Posdaya Kusuma Jaya dalam pemberdayaan masyarakat adalah sebagai fasilitator dan wadah atau tempat masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul mengembangkan potensi yang ada di lingkungan sekitar, mensejahterakan ekonomi masyarakat, mendorong masyarakat untuk lebih dekat dengan Allah serta menjadikan masyarakat Muktiharjo Kidul sadar akan kesehatan serta memiliki pendidikan yang layak, sehingga masyarakat Muktiharjo Kidul dikatakan masyarakat yang berdaya atau sejahtera. Wujudperan Posdaya Kusuma Jaya adalah terwujudnya program kerja posdaya jangka panjang, pendek dan menengah, yaitu di bidang pendidikan, tidak ada lagi anak putus sekolah. Di bidang ekonomi melalui pengembangan warung posdaya menjadikan ekonomi masyarakat meningkat. Di bidang kesehatan melalui pelayanan kesehatan menjadikan masyarakat terhindar dari penyakit, pemanfaatan lahan di bidang lingkungan berguna untuk masyarakat sekitar khususnya masyarakat Muktiharjo Kidul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadiyatul Muna
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:30
Last Modified: 08 Apr 2022 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics