Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli meubel dengan sistem pre order di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Fitriani, Laily (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli meubel dengan sistem pre order di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036169_LAILY_FITRIANI;] Text (SKRIPSI_1602036169_LAILY_FITRIANI;)
SKRIPSI_1602036169_LAILY_FITRIANI;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan realita jual beli system Pre Order (PO) meubel oleh masyarakat Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yang memiliki kecenderungan yang sama dengan istishna’ dalam hukum Islam disinyalir tidak memenuhi ketentuan sahnya istishna’ yakni berhubungan dengan kemoloran waktu pengerjaan, perubahan cara pembayaran yang tidak sesuai akad awal hingga pengembalian barang kepada pihak penjual karena ketidaksesuaian dengan yang diinginkan oleh pembeli.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana praktek jual beli pre order meubel di Desa Mantingan? 2. Bagaimana praktek jual beli pre order meubel di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara dalam tinjauan hokum Islam?
Penelitian ini merupakan jenis peneletian lapangan kualitatif normatif. Sumber data penelitian merupakan sumber data primer karena langsung diperoleh dari para penjual dan satu pembeli (karena yang dapat dihubungi hanya satu orang pembeli). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Praktek jual beli meubel dengan system pre order di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara dalam tinjauan hokum Islam, khususnya jual beli istishna’, rukun dan syarat yang menyertai rukun serta syarat dari ulama telah terpenuhi dalam pelafadzan shighat akad dan proses pelaksanaan shighat akad berupa proses pembuatan meubel yang dipesan oleh pembeli. Namun karena adanya tindakan dari pihak pembeli mengakibatkan jual beli tidak berjalan sesuai dengan kesepakatan dan harapan, khususnya dari pihak penjual. Kondisi ini sangat bertentangan dengan kaidah jual beli yang seharusnya dapat menghindarkan manusia khususnya umat Islam dari praktek kebathilan. Islam sangat melarang manusia untuk menguasai atau memakan harta benda milik orang lain secara bathil atau tidak sesuai dengan syariat Islam sebagaimana tertuang dalam Q.S. al-Baqarah ayat 188.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Istishna; Jual Beli; Pre Order; Meubel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:54
Last Modified: 07 Apr 2022 05:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics