Analisis metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan Nautical Almanac

Nabila, Maulida Nurun (2021) Analisis metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan Nautical Almanac. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046047_MAULIDA_NURUN_NABILA;] Text (SKRIPSI_1602046047_MAULIDA_NURUN_NABILA;)
SKRIPSI_1602046047_MAULIDA_NURUN_NABILA;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Berbagai cara digunakan oleh kaum muslimin dalam menentukan awal waktu salat, mulai dari metode klasik hingga metode kontemporer, baik hisab maupun rukyat. Dalam kajian Ilmu Falak, perhitungan awal waktu salat menggunakan data-data Ephemeris yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI. Data tersebut meliputi: equation of time dan deklinasi Matahari. Berbeda halnya dalam Ilmu Pelayaran, perhitungan awal waktu salat yang dilakukan menggunakan data-data Nautical Almanac yang diterbitkan oleh Dinas Hidrografi dan Oseanografi.
Penelitian ini membahas mengenai: 1) Bagaimana metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan Nautical Almanac, dan 2) Bagaimana akurasi metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan Nautical Almanac. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan Nautical Almanac, dan 2) Mengetahui akurasi metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan Nautical Almanac.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan). Dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data primer berupa data posisi kapal dan data Sunrise, Mer.pass, serta Sunset dalam Nautical Almanac khususnya tahun 2020. Sedangkan data sekundernya berupa buku, jurnal, dan tulisan yang membahas tentang waktu salat, baik dari Ilmu Falak maupun Ilmu Pelayaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analitik.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran menggunakan data Nautical Almanac, yaitu berupa data Sunrise untuk menentukan waktu Subuh, imsak, dan terbit, data Mer.pass untuk menentukan waktu Zuhur dan Asar, serta Sunset untuk menentukan waktu Magrib dan Isya. Kemudian data yang berasal dari Nautical Almanac tersebut dikonversikan ke waktu setempat. Kedua, metode perhitungan awal waktu salat dalam pelayaran dengan menggunakan data Nautical Almanac jika dikomparasikan dengan Ephemeris hasilnya tergolong akurat karena hanya selisih kisaran 2 detik hingga 36 detik untuk waktu Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya, serta selisih kisaran 1 menit hingga 2 menit 25 detik untuk waktu Subuh, imsak, dan terbit. Hal ini dikarenakan koreksi waktu dan penggunaan tinggi Matahari yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Perhitungan; Waktu salat; Nautical Almanac; Pelayaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 528 Ephemerides
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:39
Last Modified: 08 Apr 2022 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics