Analisis jual beli game online Playerunknown's Battlegrounds Mobile dalam perspektif hukum Islam

Latifah, Wulan Nur (2020) Analisis jual beli game online Playerunknown's Battlegrounds Mobile dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_132311085_WULAN_NUR_LATIFAH] Text (SKRIPSI_132311085_WULAN_NUR_LATIFAH)
SKRIPSI_132311085_WULAN_NUR_LATIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Permainan game online saat ini telah menjadi permainan yang di gemari banyak orang sampai kecanduan. Terlebih, dengan adanya teknologi smartphone yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan koneksi internet didalam bagian game online menjadikan tren online game bergeser menjadi mobile game online. Begitu pula dengan penggunanya, biasanya game online di dominasi oleh pengguna laki-laki. Fenomena kecanduan game online yang bernama PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS MOBILE ini membuat para penggemar game tersebut berlomba-lomba menjadi yang terbaik di antara yang lain dengan membeli akun yang sudah bagus.
Objek pada penelitian ini adalah akun PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS MOBILE yang diperjualbelikan dengan perantara toko online yang terdapat di Instagram. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan akad jual beli dan pandangan Hukum Islam mengenai jual beli Akun Game Online pada Game Online PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa transaksi jual beli game online PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile yang umum terjadi dikalangan penjual dan pembeli yang aman adalah dengan mengikutsertakan pihak ketiga sebagai penjamin keamanan yang disebut dengan metode transaksi Rekber dan/atau Pulber. Menurut perspektif Hukum Islam Jual Beli akun game online PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile dikategorikan sebagai ba’i as Salam dimana pembeli menyerahkan pembayaran terlebih dahulu dengan barang tanggungan oleh penjual. Dan dapat dikategorikan sebagai Bai’ as shahih menurut hukumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Game online; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Rifqi Maulana
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:42
Last Modified: 08 Apr 2022 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics