Tinjaua hukum Islam terhadap sistem event yang berlaku di aplikasi Snack Video

Safara, Yani Maulidia (2021) Tinjaua hukum Islam terhadap sistem event yang berlaku di aplikasi Snack Video. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702036034_YANI_MAULIDIA_SAFARA] Text (SKRIPSI_1702036034_YANI_MAULIDIA_SAFARA)
SKRIPSI_1702036034_YANI MAULIDIA SAFARA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Event Snack Video memberikan pekerjaan menggunakan media sosial untuk menarik simpati masyarakat terhadap pekerjaan atau jasa yang diberikan sebagai media promosi. Praktik sistem event yang diberlakukan ini adanya kesalahan sistem sehingga koin yang didapatkan tidak sesuai sedangkan event mengundang teman tidak adanya pemberitahuan mengenai imbalan yang dihasilkan pihak yang direkrut akan di berikan berkali lipat kepada pihak yang merekrut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Praktek event yang berlangsung di aplikasi snack video? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap event yang berlangsung di aplikasi Snack video? Penelitian ini menggunakan kualititaif untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subyek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian normatif empiris dengan metode lapangan pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris.Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga menghasilkan informasi yang tepat antara teori yang didapatkan dengan praktik dilapangan. Praktek sistem event menurut hukum Islam menggunakan akad ju’alah dengan obyek pekerjaan oleh jail pekerjaan diberikan komisi,Berdasarkan tinjauan hukum Islam dipraktekan snack video dalam event tidak sepenuhnya mengimplementasikan syarat akad ju’alah, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya unsur dharar dalam pemberian komisi,unsur gharar atas komisi menonton video perputaran koin, Amil anak dibawah umur,adanya unsur zina dan konten musik, dalam hal ini praktek sistem event tidak memenuhi syarat dan rukun ju’allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Akad ju’alah; Sistem event; Aplikasi Snack Video
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Risalatul Muawanah
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:59
Last Modified: 08 Apr 2022 07:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15753

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics