Kesadaran hukum masyarakat terhadap jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Dusun Sampang Kidul, Desa Sampang

Istikomah, Mila Dani Laeli (2021) Kesadaran hukum masyarakat terhadap jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Dusun Sampang Kidul, Desa Sampang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602056030_MILA_DANI_LAELI_ISTIKOMAH] Text (SKRIPSI_1602056030_MILA_DANI_LAELI_ISTIKOMAH)
SKRIPSI_1602056030_MILA_DANI_LAELI_ISTIKOMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Jaminan sosial memiliki tujuan untuk memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, berdasarkan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 bahwa setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta Jaminan Sosial. Namun sayangnya tidak semua masyarakat dusun sampang kidul desa sampang mengetahui adanya peraturan tersebut, dan disisi lain sebagian masyarakat dusun sampang kidul desa sampang sudah mengetahui tentang adanya peraturan tersebut tetapi lebih memilih untuk mengabaikan peraturan tersebut, hal tersebut di pengaruhi oleh kesadaran hukum masyarakat. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai kesadaran hukum masyarakat sampang kidul desa sampang terhadap jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS kesehatan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penilitian nondoktrinal dengan pendekatan terhadap efektifitas hukum, kajian penelitian ini meliputi pengetahuan masyarakat, kesadaran masyarakat. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan penelitian survei yaitu dengan caara mengambil sampel dengan menggunakan selebaran kuisioner yang dibagikan kepada masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara dengan Kepala BPJS Kabupaten Cilacap, Pemerintah Desa Sampang, dan responden. analisis data dilakukan secara deskrptif kealitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan kesadaran hukum masyarakat dusun sampang kidul desa sampang terhadap jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan cenderung rendah. Dari sebanyak 88 responden, masyarakat dusun sampang kidul desa sampang yang memiliki jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS hanya 35 responden dengan persentase sebesar 40% dan sisanya 53 responden dengan persentase sebanyak 60% tidak memiliki jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Hal ini dipengaruhi oleh kesadaran hukum, sosalisasi yang belum optimal, anggapan responden bahwa BPJS kesehatan bukanlah hal yang penting, kurangnya willingness to pay yang ada pada diri responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jaminan sosial; Badan Penyelenggara Jaminan Sosial; BPJS; Kesadaran hukum
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Zelina Rosalino
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:03
Last Modified: 09 Apr 2022 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics