Tinjauan hukum Islam terhadap garansi dalam jual beli batik secara online : studi pada toko batik muslim di Pekalongan

Lutfiana, Nadhiya (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap garansi dalam jual beli batik secara online : studi pada toko batik muslim di Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036173_NADHIYA LUTFIANA;] Text (SKRIPSI_1602036173_NADHIYA LUTFIANA;)
SKRIPSI_1602036173_NADHIYA LUTFIANA;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Zaman modern sekarang ini, jual beli dilakukan dengan media online. Dalam hukum Islam, jual beli baik online maupun offline dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Penjual berkewajiban memberikan garansi atau jaminan atas barang yang diperjual-belikannya. Namun dalam pelaksanaan jual beli online di 7 toko batik di Pekalongan tidak semuanya memberikan garansi. Hal tersebut membuat pembeli merasa dirugikan. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan garansi dalam jual beli secara online pada toko batik di Pekalongan?. 2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap garansi dalam jual beli secara online pada toko batik di Pekalongan?.
Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research). dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil wawancara konsumen yang melakukan pembelian di tujuh toko batik di Pekalongan secara online dan data sekunder yaitu hasil wawancara dari pemilik toko batik di Pekalongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh toko batik yang berlokasi di Pekalongan tidak semuanya menerapkan garansi dalam jual belinya, hanya sebagian toko yang menerapkan garansi pada barang yang dijual. Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 pasal 7 huruf e, pelaku usaha berkewajiban memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji, dan/atau mencoba barang dan/atau jasa tertentu serta member jaminan dan/atau jasa yang diperdagangkan. Apabila ditinjau dari hukum islam, tiga dari tujuh toko sudah melaksanakan garansi sesuai dengan syariat islam. Dan juga pembeli mendapatkan hak khiyar ‘aib terhadap barang yang mereka beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Garansi; Jual beli online; Toko batik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ina Adedya Pramesti
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:56
Last Modified: 09 Apr 2022 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics