Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli emas pada sistem tabungan emas online : studi kasus di Tokopedia Emas

Fadila, Umi Nur (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli emas pada sistem tabungan emas online : studi kasus di Tokopedia Emas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036167_UMI NUR FADILA;] Text (SKRIPSI_1602036167_UMI NUR FADILA;)
SKRIPSI_1602036167_UMI NUR FADILA;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang pesat yang membuat begitu banyak instansi perbankan dan lembaga-lembaga keuangan lainnya menawarkan produk pembiayaan emas kepada masyarakat seperti perhiasan maupun emas murni dalam bentuk batangan. Salah satunya adalah Tokopedia yang mengeluarkan fitur Tokopedia Emas, yaitu layanan membeli, menabung dan menjual emas secara online yang lebih mudah dan terjangkau yang dapat dimiliki kapan saja.
Akan tetapi pada fitur Tokopedia Emas tersebut belum ada layanan cetak emas fisik, emas hanya dapat di perjual belikan dalam bentuk digital pada akun Tokopedia. Sehingga mengakibatkan tidak adanya serah terima objek barang emas pada saat transaksi jual beli yang ada pada sistem tabungan emas Tokopedia. Mayoritas fuqaha berpendapat bahwa Emas adalah salah satu komoditi ribawi yang mensyaratkan qabd atau serah terima dalam transaksinya, namun pada Tokopedia Emas syarat qabd ini tidak dilaksanakan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana praktek jual beli emas pada sistem tabungan emas online melalui fitur Tokopedia Emas di Tokopedia? (2) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap jual beli emas pada sistem tabungan emas online melalui fitur Tokopedia Emas di Tokopedia?
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, atau disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya dalam masyarakat. Penulis menggunakan dua sumber data, yakni sumber data primer yang diperoleh langsung dari lapangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan hukum seperti buku-buku, jurnal, maupun artikel-artikel terkait pokok penelitian. Kemudian penulis melakukan analisis permasalahan menggunakan diskriptif kualitatif dengan alur analisis reduksi data dengan mentransformasikan data yang diperoleh dari lapangan (data kasar) melalui catatan wawancara dari responden, selanjutnya menyajikan data dalam bentuk uraian naratif dan menghubungkan antar kategori, dan yang terakhir melakukan proses verifikasi atau menarik kesimpulan dari data yang sudah disajikan dan dipahami dengan adanya bukti-bukti yang mendukung.
Hasil penelitian ini menunjukkan Emas termasuk dalam salah satu komoditi ribawi dalam jual beli emas. Illat dari kelompok emas-perak adalah al-tsamaniyah, yang digunakan sebagai alat tukar jual-beli yaitu uang. Semua komoditi yang sama illahnya, namun berbeda jenisnya, maka dalam transaksinya disyaratkan satu syarat: al-hulul wa al-taqabudh langsung serah terima di majelis akad (kontan). Pada praktik jual beli emas di Tokopedia belum dapat memfasilitasi fitur cetak emas yang mengakibatkan tidak terjadinya penyerahan emas dalam bentuk fisik. Oleh sebab itu jual beli emas secara online di Tokopedia dilarang karena terjadi riba nasi’ah (jual beli tempo) dalam transaksi barang ribawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Emas; Tabungan emas online; Tokopedia; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ina Adedya Pramesti
Date Deposited: 09 Apr 2022 04:38
Last Modified: 09 Apr 2022 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15797

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics