Sistem penanggalan Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah dalam perspektif astronomi

Nugroho, Zalfitri Yani (2021) Sistem penanggalan Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah dalam perspektif astronomi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046073_ZALFITRI_YANI_NUGROHO.pdf] Text
SKRIPSI_1602046073_ZALFITRI_YANI_NUGROHO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penanggalan Dayak Ngaju yang ada di Kalimantan Tengah merupakan penanggalan asli dari suku Dayak Ngaju, dan merupakan salah satu penanggalan musim yang ada di Indonesia selain penanggalan pranoto mongso. Penanggalan Dayak Ngaju masih digunakan hingga saat ini oleh sebagian masyarakat Dayak Ngaju yang ada di Kalimantan Tengah. Sistem penananggalan oleh orang Dayak Ngaju sangat sedikit dibicarakan jika dibandingkan dengan sistem penanggalan tradisional lainnya yang ada di Indonesia. Tidak ada sejarah yang pasti sejak kapan oarang Dayak Ngaju mulai mengenal perhitungan tersebut. Perhitungan tahun bagi masyarakat Dayak Ngaju sangatlah primitif, karena mereka menghitung sebuah tahun menurut masing-masing periode penanaman padi. Jadi, tahun tersebut dihitung sebagai awal, begitu tindakan pertama diambil untuk membuka lahan penanaman padi yang baru.
Untuk mengetahui perspektif astronomi dan penanggalan Dayak Ngaju penulis membuat rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu Bagaimana sistem penanggalan yang dimiliki oleh suku Dayak Ngaju?. Dan juga, Bagaimanakah perspektif astronomi mengenai penanggalan Dayak Ngaju? Dengan adanya rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penanggalan Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah, dan juga mengetahui sistem penanggalan tersebut dalam perspektif astronomi.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian yang mengutamakan data atau dokumen yang tersedia (library research). Berdasarkan metode analisis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis untuk melakukan penelitian terhadap Sistem Penanggalan Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah adalah dokumentasi dan juga wawancara secara terbuka.
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu : Penanggalan Dayak Ngaju jika dikaitkan dengan sistem musim pada masa kini kurang relevan digunakan, karena adanya pengaruh alam yang selalu berubah-ubah setiap tahunnya, seperti adanya musim kemarau yang berkepanjangan, ataupun musim hujan yang terjadi secara berkepanjangan. Yang kedua yaitu Penanggalan Dayak Ngaju dapat digolongkan dalam penanggalan astronomis, karena mereka melakukan observasi atau pengamatan bentuk bulan untuk memulai awal kegiatan perladangan mereka, dan awal kegiatan perladangan tersebut merupakan masa/periode yang waktunya sesuai dengan berjalannya fase bulan dalam saru bulan penuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanggalan; Dayak Ngaju; Kalender musim; Astronomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 528 Ephemerides
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 09 Apr 2022 03:04
Last Modified: 09 Apr 2022 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15800

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics