Studi analisis metode hisab arah kiblat dalam kitab Ittifaqul Kaifiyataini karya Nasukha

Fatimah, Fiska Jazil (2020) Studi analisis metode hisab arah kiblat dalam kitab Ittifaqul Kaifiyataini karya Nasukha. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046101_FISKA_JAZIL_FATIMAH.pdf] Text
SKRIPSI_1602046101_FISKA_JAZIL_FATIMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penentuan arah kiblat yang terdapat dalam kitab ad-Durus al-Falakiyah menggunakan alat bantu rubu’ mujayyab. Sedangkan kitab Ittifaqul Kaifiyataini memuat dua alat hitung yaitu dengan menggunakan rubu’ mujayyab dan dipadukan dengan kalkulator karce 131 dalam perhitungan arah kiblat. Pada proses perhitungannya, Nasukha tidak menciptakan suatu rumus baru, tetapi hanya merubah bahasa rubu’ mujayyab ke bahasa rumus kalkulator.
Penelitian ini dirumuskan dalam dua rumusan masalah, yaitu : Pertama, Bagaimana metode hisab arah kiblat dalam kitab Ittifaqul Kaifiyataini, dan Kedua, Bagaimana keakuratan hisab arah kiblat dalam kitab Ittifaqul Kaifiyataini.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan Nasukha. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari kitab Ittifaqul Kaifiyataini dan referensi lain yang berkaitan dengan metode arah kiblat. Teknis analisis yang digunakan adalah metode content analysis (analisis isi) dan melakukan comparative study evaluation research dengan metode kontemporer.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasanya : Pertama, metode hisab yang digunakan dalam kitab Ittifaqul Kaifiyataini digolongkan dalam metode taqribi dengan perhitungannya yang masih bersifat perkiraan jika dibandingkan dengan metode kontemporer. Kitab ini memadukan penggunaan rubu’ mujayyab dengan kalkulator karce 131, penggunaan kalkulator ini berfungsi hanya untuk merubah bahasa yang ada pada rubu’ mujayyab dirubah pada bahasa kalkulator. Dua alat hitung yang digunakan bertujuan untuk menyesuaikan hasil perhitungan yang ada pada rubu’ mujayyab dengan kalkulator supaya hasil yang diperoleh lebih rinci sampai ke detiknya. Kedua, Jalan perhitungan arah kiblat yang terdapat dalam kitab Ittifaqul Kaifiyataini dapat digolongkan dalam hisab taqribi, karena data-data hasil perhitungannya masih kurang detail sehingga akurasinya terdapat selisih jika dibandingkan dengan menggunakan data kontemporer, selisih antara keduanya yaitu sebesar 10-11 menit. Hisab arah kiblat kitab Ittifaqul Kaifiyataini jika dibandingkan dengan metode Istiwa’aini, terpaut selisih 8-9 menit. Meskipun begitu, hisab pada kitab Ittifaqul Kaifiyataini akurat jika digunakan sebagai penentuan arah kiblat, hal ini berdasarkan penyelesaian perhitungan yang sudah menggunakan kalkulator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Arah kiblat; Kitab Ittifaqul Kaifiyataini; Rubu’ mujayyab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 527 Celestial navigation
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:57
Last Modified: 09 Apr 2022 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15810

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics