Efektivitas pembelajaran daring dengan audio visual terhadap keaktifan dan pemahaman akidah akhlak di MTs Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara

Ramadani, Resti Kurnia (2020) Efektivitas pembelajaran daring dengan audio visual terhadap keaktifan dan pemahaman akidah akhlak di MTs Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016089_RESTI_KURNIA] Text (SKRIPSI_1603016089_RESTI_KURNIA)
SKRIPSI_1603016089_RESTI_KURNIA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh merebaknya wabah yang disebabkan oleh virus Corona yang terjadi di dunia khususnya di Indonesia, hal itu melatar belakangi Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah masing-masing melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi peneliti, kegiatan pembelajaran selama pandemi COVID-19 yang dilakukan secara daring, guru menggunakan metode konvensional yaitu dengan cara menulis materi dan soal latihan kemudian dikirim dalam bentuk gambar kepada siswa. Tanpa menyampaikan materi ataupun membuka diskusi saat pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya keaktifan siswa dan pemahaman belajar siswa.. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Audio Visual Terhadap Keaktifan Dan Pemahaman Akidah Akhlak Di MTs Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas VIII-A yang terdiri dari 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B yang terdiri dari 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes dan angket. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan audio visual sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t keaktifan siswa, diperoleh thitung = 7,133. Dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 69, diperoleh ttabel = 1,995. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka thitung berada pada daerah penerimaan Ha yakni hipotesis diterima.
Pembelajaran daring dengan audio visual efektif terhadap pemahaman akidah akhlak di Mts Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji t pemahaman materi siswa, diperoleh thitung = 2,167. Dengan taraf signifikansi 5% dan dk =69, diperoleh ttabel = 1,995. Karena lebih besar dari ttabel maka thitung berada ada daerah penerimaan Ha yakni hipotesis diterima.
Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dengan audio visual efektif terhadap keaktifan dan pemahaman akidah akhlak di MTs Ma’arif Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pembelajaran daring; Audio visual; Keaktifan; Pemahaman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 16 Apr 2022 01:53
Last Modified: 16 Apr 2022 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics