Peran pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam proses pembangunan partisipatif Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal

Widhiyaningsih, Siti (2021) Peran pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam proses pembangunan partisipatif Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046029_SITI_WIDHIYANINGSIH] Text (SKRIPSI_1601046029_SITI_WIDHIYANINGSIH)
SKRIPSI_1601046029_SITI_WIDHIYANINGSIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Judul: “Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Proses Pembangunan Partisipatif Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal”.Pembangunan partisipatif merupakan pola pembangunan yang telah lama dilaksanakan sebelum kemerdekaan indonesia yang mayoritas masyarakat desa sudah menjadikan hal tersebut sebagai budaya, seperti kegiatan gotong royong, kerja bakti dan partisipasi. Salah satu desa yang melakukan pembangunan partisipatif adalah Desa Juwiring dengan tujuan menumbuhkan rasa kepedulian dan kesadaran masyarakat. Fokus atau Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaiamana Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Proses Pembangunan Partisipatif Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal dan (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Proses Pembangunan Partisipatif Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif, karena dalam penelitian ini bisa memberi gambaran untuk kita sebagai peneliti yang lebih jelas untuk mengetahui keadaan objek sesuai dengan fakta yang terlihat. Sedangkan yang digunakan untuk mendapatkan data dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara.
Selanjutnya untuk sumber dan jenis data penulis menggunakan data primer yaitu yang diambil langsung dari Pemerintah Desa dan PKK Desa serta untuk data sekundernya peneliti dapatkan dari data dokumentasi, file atau data yang pemerintah dan PKK miliki atau bisa juga dari masyarakat langsung dengan tujuan membantu peneliti untuk bisa mengetahui kinerja Pemerintah Desa dan PKK dari masyarakat tersebut. Begitupun teknik analisis data yang penulis gunakan adalah melalui data (1) Reduksi data dengan merangkum dan memilah pokok-pokok data yang ada. (2) Penyajian data dilakukan setelah melalui reduksi data yaitu berupa bentuk bagan, uraian singkat atau hubungan antar data yang sudah ada. (3) Penarikan kesimpulan atau verifikasi data yang berarti menyimpulkan fokus penelitian dari awal analisis sampai akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran PKK Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal dengan melihat kegiatan yang diadakan yaitu dengan (1) mengadakan sosialisasi terkait partisipasi dan pembangunan. (2) mengadakan penyuluhan dan ketrampilan. (3) kegiatan posyandu. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembangunan partisipatif yang dilakukan oleh PKK Desa Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal yaitu (1) Strength (Kekuatan) melalui instansi terkait, organisasi masyarakat dan keiklasan PKK. (2) Oppotunity (Peluang). Meningkatkan dukungan dan kesadaran untuk pertisipasi.(3) Weakness (Kelemahan). Kurangnya dana dan Sedikitnya Sumberdaya Manusia. (4) Threats (Ancaman). Kurang kepedulian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK); Pembangunan partisipatif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zelina Rosalino
Date Deposited: 16 Apr 2022 01:57
Last Modified: 16 Apr 2022 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics