Pesantren dan program pemberdayaan masyarakat (studi kasus program Pesantren Wildanul Yaum dalam memberdayakan ekonomi jamaahnya di Desa Pranten Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan)

Rohman, Aziz (2021) Pesantren dan program pemberdayaan masyarakat (studi kasus program Pesantren Wildanul Yaum dalam memberdayakan ekonomi jamaahnya di Desa Pranten Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601046069_Aziz_Rohman_Lengkap] Text (Skripsi_1601046069_Aziz_Rohman_Lengkap)
SKRIPSI_1601046069_AZIZ_ROHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan sekaligus lembaga dakwah. Sebagai lembaga dakwah, pesantren sebenarnya berkewajiban untuk ikut terlibat aktif di dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul di lingkungannya, terutama persoalan ekonomi. Dalam hal ini, Pesantren Wildanul Yaum yang berdomisili di Desa Pranten, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, adalah salah satu pesantren yang menyadari akan tugasnya dalam konteks dakwah tersebut. Pesantren Wildanul Yaum, dengan semua keterbatasannya, berusaha untuk terjun di dalam kerja-kerja pemberdayaan ekonomi umat.
Penelitian ini dibuat untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana Pesantren Wildanul Yaum tersebut memberdayakan ekonomi jamaahnya. Penelitian, sesuai dengan rumusan masalah tersebut, didesain dalam bentuk penelitian diskripstif kualitatif. Sumber data primer berasal dari pihak-pihak yang terlibat di dalam program pemberdayaan pesantren, baik di pihak pesantren maupun di pihak jamaah.
Ada tiga sector yang digarap oleh Pesantren Wildanul Yaum ; yaitu sector pertanian, sector perdagangan, dan industry rumahan. Ketiganya menjadi instrument utama dalam upaya memberdayakan ekonomi jamaah. Pesantren sebagai pelaku utama program, memposisikan diri sebagai motor penggerak, fasilitator, tempat belajar, konsultasi, dan penyedia modal usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 10 May 2022 01:34
Last Modified: 10 May 2022 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15849

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics