Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli tanaman variegata yang mengalami perubahan daun : study kasus di toko tanaman online Greens Hanny

Aini, Hanna (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli tanaman variegata yang mengalami perubahan daun : study kasus di toko tanaman online Greens Hanny. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036063_HANNA_AINI] Text (SKRIPSI_1602036063_HANNA_AINI)
SKRIPSI_1602036063_HANNA_AINI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jual beli merupakan rantai kehidupan bagi setiap manusia yang tidak dapat dipisahkan, pada dasarnya manusia sendiri mempunyai kehidupan sehari hari, kebutuhan hidup manusia seperti kebutuhan sandang, papan dan pangan. Selain kebutuhan pokok tersebut, kebuhan lain yang dibutuhkan manusia adalah kebutuhan hiburan atau hobby, contoh hobby manusia yang semakin berkembang adalah hobby menanam tanaman tanaman hias. Dengan berkembangnya teknologi dan jaman, tanaman hias banyak memiliki keunikan keunikan yang diciptakan oleh manusia, keunikan tersebut sengaja diciptakan oleh manusia itu sendiri untuk mendapatkan varietas baru pada tanaman. Contoh varietas baru yang berhasil diciptakan manusia adalah tanaman variegata, seperti ditoko tanaman online Greens Hanny yang menjual dalam berbagai jenis tanaman variegata dalam tanaman variegata adalah tanaman yang memiliki warna atau corak selain memiliki warna hijau, contoh warna dalam tanaman variegata adalah warna putih, kuning, merah, jingga, hingga hitam.
Skripsi ini adalah hasil penelitian kualitatif atau lapangan tentang tinjauan hukum islam terhadap jual beli tanaman variegata yang mengala perubahan daun (study kasus ditoko tanaman online greens hanny). Skripsi ini menjawab pert anyaan bagaimana praktek pembuatannya dan jual belinya serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli tanaman variegata yang mengalami perubahan daun. Pelitian dihimpun dari data lapangan melalui kajian dan memahami secara cermat hal-hal yang dianggap penting berkaitan dengan transaksi jual beli tanaman variegata yang mengalami perubahan daun. Selanjutnya dianalisis dengan metode penelitian deskriptif kualitatis, analisis dengan menggunakan tehnik deduktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek transaksi jual beli tanaman variegata yang mengalami perubahan daun merupakan Kegiatan jual beli yang dalam melakukan akad sudah memenuhi rukun yang ditentukan oleh syara sedangkan jika dilihat lebih terperinci lagi, kegiatan jual beli ini jika dilihat dari syarat objeknya yang sudah ditentukan tidak memenuhi syarat, karena objek jual beli ini tidak memiliki kejelasan kualitas, objek dalam jual beli ini adalah tanaman variegata ketidak jelasannya terlihat dari adanya perubahan tanaman variegata yang sudah dirawat oleh pembeli.
Sistem jual beli tanaman variegata ini dalam konteks hukum islam perbolehkan karena dalam sistem jual beli ini tidak mengandung unsur penipuan, barang yang dijual sesuai dengan informasi yang telah ada pada website yang disediakan oleh penjual. Dan sistem jual beli ini sama dengan sistem jual beli salam karena sudah memenuhi syarat dan rukun dalam jual beli salam yaitu barang hanya dilihat dan disebut ciri-cirinya saja, serta sama ada yang bertanggung jawab as barang yang dijual, adanya ketentuan harga yang telah disepakati dengan membayar terlebih dahulu sebelum menerima barang. Dari kesimpulan di atas, penulis menyarankan hendaknya para pakar hukum dan alim ulama' memperhatikan dan mengkaji lebih mendalam serta lebih mendasar mengenai hukum transaksi jual beli dengan sistem online, tujuanny terjadi kesimpangsiuran mengenai status hukum jual beli dengan sistem online menurut hukum Islam dan mengurangi tampak negatif dalam jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Tanaman variegata; Toko online; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Risalatul Muawanah
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:17
Last Modified: 16 Apr 2022 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics