Gerakan Pramuka dalam pelestarian lingkungan hidup : studi pada Satuan Karya Kalpataru Kota Semarang

Taufiqurrohman, Ahmad Lutfi (2021) Gerakan Pramuka dalam pelestarian lingkungan hidup : studi pada Satuan Karya Kalpataru Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046066_AHMAD_LUTFI_TAUFIQURROHMAN.pdf] Text
SKRIPSI_1601046066_AHMAD_LUTFI_TAUFIQURROHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Gerakan Pramuka hadir untuk pengembangan watak dan kepribadian generasi muda agar lebih menjaga dan melestarikan lingkungan. salah satu wujud dari program Gerakan Pramuka yang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup yaitu terbentuknya Satuan Karya (Saka) Kalpataru. Pembentukan Saka Kalpataru sebagai upaya untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagiamana bentuk aksi lingkungan Satuan Karya Kalpataru Kota Semarang dalam pelestarian lingkungan hidup. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Satuan Karya Kalpataru Kota Semarang dalam pelestarian lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Bentuk aksi lingkungan Satuan Karya Kalpataru Kota Semarang dalam pelestarian lingkungan hidup diantaranya: Restorasi dan konservasi lingkungan, pendidikan lingkungan, riset (aksi) lingkungan, advokasi lingkungan, pengembangan produk ramah lingkungan, gerakan berbasis massa, media online sebagai wahana pelestarian lingkungan, pengorganisasian yang longgar, dan voluntarisme. 2) faktor-faktor pendukung dan penghambatnya antara lain a) Faktor pendukungnya ada dua, yaitu adanya dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan Kwartir Cabang Kota Semarang. b) Faktor penghambatnya ialah kurangnya sinergitas dalam berorganisasi yang diakibatkan oleh perbedaan pangkalan sekolah atau kampus anggota Satuan Karya Kalpataru Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerakan Pramuka; Pelestarian lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:13
Last Modified: 16 Apr 2022 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics