Analisis hukum ekonomi syariah terhadap Al-Uqud Al-Murakkabah sebagai metode pengembangan akad-akad pada perbankan syariah (studi kasus kantor Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal)

Awaliyah, Tuti (2021) Analisis hukum ekonomi syariah terhadap Al-Uqud Al-Murakkabah sebagai metode pengembangan akad-akad pada perbankan syariah (studi kasus kantor Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal). Undergraduate (S1) thesis, Universutas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPI_1602036153_Tuti Awaliyah] Text (SKRIPI_1602036153_Tuti Awaliyah)
SKRIPI_1602036153_Tuti Awaliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (976kB)

Abstract

Al-uqud Al-Murakkabah merupakan bagian dari pengembangan akad pada perbankan syariah. Pada dasarnya bank syariah telah melakukan berbagai upaya inovasi salah satunya dengan kombinasi akad tunggal yang membentuk sebuah rumusan akad baru. Meskipun Al-uqud Al-Murakkabah ini merupakan inovasi dari produk yang di adaptasi dari bank konvensional yang kemudian dirumuskan kedalam kompenen Islam yang digunakan dalam pengembangan akad yang ada pada perbankan syariah. Dalam analisis ilmiah Al-uqud Al-Murakkabah merupakan bagian dari progesif hukum ekonomi syariah dalam pengembangan akad perbankan syariah di Indonesia.
Al-uqud Al-Murakkabah pada bank Muamalat Indonesia cabang Tegal ini tentang bagaimana pengembangan pada akad akad yang di jalankan oleh pihak bank Muamalat Indonesia cabang Tegal, khusus terkait pada produk-produk yang ada rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pengembangannya apa sudah dilakukan apakah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta bagaimana pelaksanaan dalam menjalankan sebuah produk yang mengandung Al-uqud Al-Murakkabah .
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang termasuk penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta penulis menganalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian ilmu-ilmu sosial dengan mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata dan perbuatan-perbuatan manusia.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Al-uqud Al-Murakkabah ini merupakan modifikasi dari inovasi transaksi yang dimiliki oleh perbankan syariah untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh perbankan syariah. Al-uqud Al-Murakkabah tersebut sebagai metode perubahan akad yang sangat fleksibel. Dimana Al-uqud Al-Murakkabah ini tergolong rumit, sehingga Al-uqud Al-Murakkabah ini terus berupaya dengan semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan dan kebutuhan transaksi. Pengembangan Al-uqud Al-Murakkabah ini berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan prinsip syariah, akan tetapi pengembangan ini belum optimal karena masih terfokuskan pada akuisisi. Secara garis besar pengembangan dan pelaksanaan Al-uqud Al-Murakkabah ini sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syariah; Al-Uqud Al-Murakkabah; Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 16 Apr 2022 04:46
Last Modified: 16 Apr 2022 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15857

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics