Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi sewa jasa endorsment dalam peningkatan penjualan produk

Purnama, Moh. Yasi Rizki (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi sewa jasa endorsment dalam peningkatan penjualan produk. Undergraduate (S1) thesis, Universutas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036147_Moh. Yasi Rizki Purnama] Text (SKRIPSI_1602036147_Moh. Yasi Rizki Purnama)
SKRIPSI_1602036147_Moh. Yasi Rizki Purnama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Endorsement merupakan salah satu jenis promosi pengiklanan yang menggunakan pihak lain yang mendukung dan memasarkan sebuah produk atau jasa. Sewa jasa endorsement cukup praktis dan efektif, dikatakan praktis karena proses penyewaanya cukup mudah dan tidak ribet karena cukup dengan mengirimkan pesan melalui DM (direct massage) pada Instagram atau pesan melalui whatsapp dengan nomer telepon yang biasanya sudah tertera pada biografi akun Instagram selebram atau artis yang menyewakan jasa endorsement. Praktik sewa jasa endorsement dilakukan sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak, namun di dalam kesepakatan tersebut terdapat ketidak jelasan terhadap dampak yang didapat dari online shop, seperti kepastian yang didapat dalam meningkatnya penjualan produk yang di iklankan, ini bisa saja merugikan pihak online shop karena tidak mendapatkan manfaat dari sewa jasa tersebut dan tidak menaikan angka penjualan pada sebuah produk. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Field Research (penelitian lapangan), yaitu memaparkan serta menggambarkan keadaan dan fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi maupun referensinya bersumber dari lapangan, yang digali secara intensif dan disertai dengan analisa dan penyusunan kembali atas semua data atau referensi yang telah dikumpulkan, dalam hal ini praktik sewa jasa endorsement, dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul selanjutnya penulis menganalisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Praktik sewa jasa endorsement pada online shop santrilight merupakan strategi pemasaran dalam memasarkan produk di media sosial dengan bantuan celebrity endorser. Endorsement juga sudah masuk dalam kegiatan rutin dalam satu bulan sekali dengan mepromosikan produk-produk online shop santrilight yang baru. 2) Praktik sewa jasa endorsement pada online shop Santrilight apabila ditinjau dalam hukum Islam hukumya diperbolehkan jika sesuai dengan rukun dan syarat yang sudah ditetapkan. Sedangkan penelitian yang sudah saya teliti terhadap online shop hukumnya diperbolehkan karena sudah memenuhi rukun dan syarat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sewa jasa; Endorsement; Hukum Islam; Penjualan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:21
Last Modified: 16 Apr 2022 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics