Tinjauan hukum Islam terhadap praktek promosi dengan testimonial dan foto produk oleh selebgram : studi kasus di Dyn Clothingline Juwana Pati

Musafiroh, Hidayatul (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek promosi dengan testimonial dan foto produk oleh selebgram : studi kasus di Dyn Clothingline Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036085_HIDAYATUL_MUSAFIROH;] Text (SKRIPSI_1602036085_HIDAYATUL_MUSAFIROH;)
SKRIPSI_1602036085_HIDAYATUL_MUSAFIROH;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan laba atau menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Bisnis tak lepas dari pemasaran. Pemasaran dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan rancangan untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyuguhkan nilai kepada customer dan untuk mengatur hubungan antar customer demi terpenuhinya sasaran organisasi dan stakeholders. Promosi merupakan bagian dari suatu pemasaran. Praktek promosi dengan testimonial dan foto produk oleh selebritis Instragam yang mempunyai followers banyak sangat diminati para pemilik online shop untuk memperkenalkan produknya. Selain cukup efektif praktek promosi dengan menggunakan jasa selebgram ini menjangkau pasar cukup cepat. Bahwasanya praktek promosi dengan jasa selebgram atau sering disebut endorsement merupakan bentuk muamalah yang dibenarkan oleh Islam, sepanjang dalam praktek promosi tersebut terpelihara dari hal-hal terlarang oleh ketentuan syariah dalam Islam. Dengan demikian dalam praktek promosi ini perlu ditekankan apakah praktek promosi tersebut sudah sesuai hukum Islam dan terpelihara dari hal-hal terlarang oleh ketentuan syariah dalam Islam atau belum.
Skripsi dengan judul “tinjauan hukum Islam terhadap praktek promosi dengan testimonial dan foto produk oleh selebgram” ini bertujuan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap praktek promosi dengan menggunakan testimonial dan foto produk oleh selebgram.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yaitu suatu penelitian dengan berkunjung langsung ke tempat yang dijadikan sebagai penelitian dan didukung penelitian kuantitatif (kepustakaan) sebagai pendukung dalam penelitian, dengan menggunakan berbagai literatur yang ada. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari penelitian primer dan penelitian sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi dan responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, praktek promosi dengan testimonial dan foto produk oleh selebgram yang dilakukan oleh DYN Clothingline melalui dua cara yaitu paid promote dan paid endorse. Dalam praktek promosi tersebut selebgram mempromosikan sesuai keinginan pihak yang meng-endorse. Kedua, berdasarkan analisis secara keseluruhan praktek promosi dengan testimonial dan foto produk oleh selebgram yang dilakukan DYN Clothingline kurang jujur, hal tersebut dilihat dari testimoni-testimoni pelanggan yang masih mengutarakan kekecewaan akan produk yang diterima. Sehingga praktek promosi ini bisa menjadi tidak diperbolehkan dikarenakan masih mengandung unsur kebohongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Hukum Islam; Selebgram; Testimoni; Foto produk
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ina Adedya Pramesti
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:36
Last Modified: 16 Apr 2022 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15877

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics