Analisis adanya literasi keuangan syariah dalam keputusan menabung mahasiswa santri (studi kasus mahasiswa UIN Walisongo santri Pondok Pesantren Darul Qolam Semarang)

Latifah, Dewi Nur (2020) Analisis adanya literasi keuangan syariah dalam keputusan menabung mahasiswa santri (studi kasus mahasiswa UIN Walisongo santri Pondok Pesantren Darul Qolam Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036122_DEWI_NUR_LATIFAH] Text (SKRIPSI_1605036122_DEWI_NUR_LATIFAH)
SKRIPSI_1605036122_DEWI_NUR_LATIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Adanya Literasi Keuangan Syariah dalam Keputusan Menabung Mahasiswa UIN Walisongo Santri Pondok Pesantren Darul Qolam Semarang. Dijabarkan dalam dua rumusan masalah yaitu mengenai analisis tingkat literasi keuangan syariah dan analisis gambaran minat menabung mahasiswa UIN Walisongo santri Pondok Pesantren Darul Qolam di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat literasi keuangan syariah mahasiswa santri tersebut dan bagaimana minat menabungnya.
Adapun jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian gabungan yaitu dengan menggunakan logika penelitian kuantitatif namun dalam penyusunannya dan mengolahnya menggunakan metode analisis kualitatif. Dan dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian ini berada di Pondok Pesantren Darul Qolam bertempat di Tanjungsari Ngaliyan. Dengan dua sumber data yaitu data primer yang didapatkan langsung dari santri Pondok Pesantren Darul Qolam dan data sekunder yang didapatkan dari literatur yang relevan dan mendukung penelitian. Metode pebgumpulan data diperoleh dengan cara mengumpulkan referensi kepustakaan, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Setelah terkumpul kemudian digambarkan dan dijabarkan secara jelas mengenai objek sesuai fakta yang ada di lapangan. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.
Dalam penelitian analisis tingkat literasi keuangan syariah mahasiswa UIN Walisongo antri Pondok Pesantren Darul Qolam telah didapatkan hasil bahwa pengetahuan perbankan syariah mereka mencapai rata-rata 67% yang mengartikan tingkat literasi keuangan syariah mereka sufficent literate atau dinyatakan dalam tingkatan rata-rata. Sebagian mereka dapat menjawab pengetahuan dasar bank syariah dengan baik namun sebagian lainnya belum bisa memahami pengetahuan perbankan syariah secara menyeluruh. Meski demikian dalam keputusan menabung mereka memiliki minat yang cukup besar terhadap bank syariah. Sesuai dengan hasil penelitian bahwa 80% dari mereka memiliki rekening bank syariah dan lebih memilih untuk menggunakan jasa di bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah; Keputusan menabung; Mahasiswa; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fiqya Ainatul Latifa
Date Deposited: 16 Apr 2022 06:52
Last Modified: 16 Apr 2022 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics