Pengembangan minat kewirausahaan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Ngawi melalui program rihlah iqtishodiyah

Fitrianah, Evi (2021) Pengembangan minat kewirausahaan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Ngawi melalui program rihlah iqtishodiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046027_EVA_FITRIANAH] Text (SKRIPSI_1601046027_EVA_FITRIANAH)
SKRIPSI_1601046027_EVA_FITRIANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan minat kewirausahaan melalui Program Rihlah Iqtishodiyah merupakan suatu program sebagai pengembangan kewirausahaan yang diterapkan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 sebagai pendidikan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat berwirausaha bagi santriwati yang melibatkan santriwati kelas 6 KMI (Kulliyatul Muallimat Al-Islamiyah) yang dimana sebagai bekal untuk menciptakan usaha bagi diri sendiri dan orang lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan minat kewirausahaan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Ngawi melalui Program Rihlah Iqtishodiyah 2) Apa hasil pengembangan minat kewirausahaan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Ngawi melalui Program Rihlah Iqtishodiyah. Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah maka peneliti menggunakan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan obyek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu; mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pengembangan minat kewirausahaan yang dilakukan santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 menggunakan program Rihlah Iqtishodiyah yang dimana terdapat proses pelaksanaan antara lain: pembentukan panitia, seminar Rihlah Iqtishodiyah, pengumpulan nomor IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern), korespondensi surat, pemberangkatan panitia Rihlah, evaluasi. Pada saat kegiatan Rihlah Iqtishodiyah menggunakan metode pengamatan, metode praktik, motivasi, dan fasilitasi. 2). Hasil pengembangan minat kewirausahaan santri melalui Program Rihlah Iqtishodiyah bahwasanya santriwati yang mengikuti kegiatan Rihlah Iqtishodiyah memunculkan antusiasisme kepada santriwati tentang obyek-obyek yang ada di lapangan, kemudian santriwati berminat untuk berwirausaha dan berminat untuk membangun UKM (Usaha kecil menengah) setelah keluar dari pondok, dan memunculkan para alumni yang menjadi wirausahawan muda seperti: Hijab Beta (Distributor hijab dan mukena), Catering makanan (makanan berat dan aneka snack), Aneka kue (Brownies kukus dan brownies panggang), Usaha boneka hand made (Boneka wisuda, dan kreasi hand made), Konveksi kaos (Kaos sablon dan border), ATK (Alat tulis kerja) dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan minat; Kewirausahaan; Rihlah iqtishodiyah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 16 Apr 2022 07:04
Last Modified: 16 Apr 2022 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics