Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pengentasan kemiskinan (studi di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen)

Rahman, Fathu (2020) Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pengentasan kemiskinan (studi di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046032_FATHU_RAHMAN] Text (SKRIPSI_1601046032_FATHU_RAHMAN)
SKRIPSI_1601046032_FATHU_RAHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fathu Rahman (1601046032). Penelitian in berjudul Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Pengentasan Kemiskinan (Studi di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen). program Keluarga Hrapan (PKH) yang dilaksanakandan diberikan pemerintah adalah guna membantu masyarakat miskin, program ini di bentuk pada tahun 2007 yang diahkan oleh Presiden ke-6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Program Keluarga Harapan (PKH) sendiri dibawah naungan Kementerian Sosial saat ini. Program Keluarga Harapan (PKH) dibentuk guna untuk membantu pemerintah dalam pemutusan rantai kemiskinan yang ada di Indonesia. Para pendamping PKH yang tugasnya adalah melaksanakan pendampingan terhadapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam hal pencairan dana bantuan, sebagai motivator dalam mengubah pola pikir masyarakat untuk keluar dari kemiskinan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Peran Pendamping PKH dalam Program Pengentasan Kemiskinan di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen? 2. Bagaimana Hasil Peran Pendamping PKH dalam Program Pengentasan Kemiskinan di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen?.Metode yang digunakan dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi yang didapat dari penelitian ini memerlukan beberapa metode pengumpulan data, yaitu dengan observasi, wawancara dan domentasi yang dilanjutkan menggunakan reduksi data, penyajian dan emudian verivikasi data.Hasil penelitian menunjukan, peran pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pengentasan kemiskinan di Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen, yaitu : Peran sebagai fasilitator, agen sosial, motivator, peran edukasi, pendamping masyarakat(distibusi dana bantuan). Hasil dari peranan ini memutuskan rantai kemikinan diDesa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan (PKH); Pendamping PKH; Kemiskinan
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 16 Apr 2022 07:11
Last Modified: 16 Apr 2022 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics