Metode dakwah sultan Muhammad Al-fatih pada masa Dinasti Utsmaniyah tahun 1451-1481 M

Ulum, Bahrul (2020) Metode dakwah sultan Muhammad Al-fatih pada masa Dinasti Utsmaniyah tahun 1451-1481 M. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046053_BAHRUL_ULUM] Text (SKRIPSI_1601046053_BAHRUL_ULUM)
SKRIPSI_1601046053_BAHRUL_ULUM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

“Metode Dakwah Sultan Muhammad Al-Fatih pada Masa Dinasti Utsmaniyah (Tahun 1451-1481 M)”. Dakwah menjadi kebutuhan bagi umat manusia terutama umat muslim, karena dakwah merupakan sarana dalam rangka mengajak dan menyuruh manusia untuk berbuat hal baik. Dakwah dalam pelaksanaannya tentu dibutuhkan metode-metode yang yang sesuai, agar dakwah dapat tersampaikan dengan baik dan tujuan-tujuan dakwah dapat tercapai. Metode dakwah bisa diadopsi dari para tokoh-tokoh Islam terdahulu, salah satunya adalah Sultan Muhammad Al-Fatih. Muhammad Al-Fatih dikenal karena metode dakwahnya yang yang identik dengan berperang, tetapi bila dikaji lebih dalam Al-Fatih juga melaksanakan berbagai macam metode dakwah yang humanis, penuh dengan kebijaksnaan (alhikmah) yang itu terbukti efisien pada zamannya, selain metode dakwah dengan berperang atau jihad, Muhammad Al-Fatih juga dengan beberapa metode lainnya seperti bil lisan bil hal dan bil qalam. Hal inilah yang kemudian penting untuk dikaji, pada dasarnya Muhammad Al-Fatih juga melakukan dakwah dengan berbagai macam metode dakwah yang disesuaikan dengan para penerima dakwahnya.
Dalam penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan bagaimana metode dakwah Sultan Muhammad Al-Fatih pada masa Dinasti Utsmaniyah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) adapun pendekatan dari penelitian ini adalah penelitian historis. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan dan mencari bahan-bahan bacaan atau pustaka yang terdiri dari dokumen-dokumen, majalah-majalah, jurnal-jurnal dan buku-buku yang dapat menunjang dan berhubungan dengan penelitian.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Al Fatih melaksanakan dakwah bil lisan yang mengacu pada metode bil hikmah dengan kebijaksanaan dan toleransi kepada kaum non muslim yang dikalahkan, kemudian metode dakwah bil qalam dengan jalan mengirimkan surat dan sastra untuk menyanjung keindahan Islam, serta yang terakhir metode dakwah bil hal dengan mendirikan sekolah-sekolah, prasarana umum, dan memajukan bidang militer

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Muhammad Al-Fatih; Dinasti Utsmaniyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rifqi Maulana
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:00
Last Modified: 16 Apr 2022 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics