Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan bengkel las oleh Paguyuban Crew Welding Desa Simbangdesa Kecamatan Tulis

Siagian, Renato Suryo Perdana (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan bengkel las oleh Paguyuban Crew Welding Desa Simbangdesa Kecamatan Tulis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046054_RENATO_SURYA_PERDANA_SIAGIAN] Text (SKRIPSI_1601046054_RENATO_SURYA_PERDANA_SIAGIAN)
SKRIPSI_ 1601046054_RENATO_SURYA_PERDANA_SIAGIAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata. Dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat, paguyuban Crew Welding sebagai wadah bagi masyarakat untuk memecahkan masalah pengangguran dan kemiskinan. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui usaha bengkel las oleh paguyuban Crew Welding desa simbangdesa kecamatan tulis kabupaten batang. 2. Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui usaha bengkel las oleh paguyuban Crew Welding desa simbangdesa kecamatan tulis kabupaten batang. Dengan tujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan oleh paguyuban Crew Welding dan hasil atau dampak yang diperoleh dalam masyarakat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Peneliti memperoleh sumber data melalui objek lapangan penelitian yaitu paguyuban crew welding. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah ketua paguyuban crew welding, pengurus atau anggota paguyuban crew welding dan masyarakat. Analisis yang dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang dimulai sejak pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses yang dilakukan oleh paguyuban Crew Welding ada tiga proses yaitu: 1) Pelatihan dibidang pengelasan yaitu memilki pekerjaan. 2) Memberikan fasilitas dibidang pengelasan yaitu mesin pemotong besi dan lain sebagainya. 3) Menerima jasa pemesanan dibidang pengelasan yaitu karya bengkel las berupa pintu besi dan lain sebagainya. Tahap-tahap yang dilakukan oleh paguyuban Crew Welding ada tiga yaitu: 1) Membenahi masyarakat yaitu mengubah pola pikir masyarakat. 2) Memotivasi masyarakat yaitu menimbulkan semangat kerja. 3) Menyatukan masyarakat yaitu meningkatkan rasa gotong-royong. Strategi yang digunakan oleh paguyuban Crew Welding ada tiga yaitu: 1) Pendalaman yaitu membentuk karakter. 2) Menciptakan suasana nyaman yaitu membebaskan masyarakat dalam berekspresi dalam pekerjaan. 3) Menjaga kualitas produk yaitu menjaga konsisten dalam pekerjaan. Hasil dari pemberdayaan ini yaitu: 1) terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat. 2) Peningkatan kesadaran anggota untuk memiliki pekerjaan. 3) Terbentuknya koperasi. 4) Penambahan musholla.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Pelatihan; Bengkel las
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rifqi Maulana
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:22
Last Modified: 16 Apr 2022 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics