Pemikiran Muhammad Yunus tentang kewirausahaan sosial : perspektif pemberdayaan masyarakat

Maulidiyah, Siti Chotimatul (2021) Pemikiran Muhammad Yunus tentang kewirausahaan sosial : perspektif pemberdayaan masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, Universutas Negri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046019_SITI_CHOTIMATUL_MAULIDIYAH] Text (SKRIPSI_1701046019_SITI_CHOTIMATUL_MAULIDIYAH)
SKRIPSI_1701046019_SITI_CHOTIMATUL_MAULIDIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kewirausahaan menjadi suatu kegiatan yang diminati banyak pihak dalam memenuhi kebutuhan. Dewasa ini Kewirausahaan memiliki pergeseran orientasi dari profit oriented ke social mission. Kewirausahaan Sosial menjadi tawaran di beberapa negara berkembang sebab eksistensi kapitalisme yang tidak humanis terhadap masyarakat menengah kebawah. Hal ini mampu dihadirkan oleh sosok Muhammad Yunus. Yunus menjalankan Kewirausahaan sosial dengan tujuan pengentasan kemiskinan. Kegiatan kewirausahaan sosial dianggap menjadi salah satu alternatif pemecahaan masalah kemiskinan. Menurut Yunus, pemberdayaan langsung kepada masyarakat adalah salah satu bentuk hal yang penting dalam pengentasan kemiskinan, dan kelompok perempuan sangat berpotensi untuk diberdayakan.
Maka dari itu penulis membuat rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana Pemikiran Muhammad Yunus tentang Kewirausahaan Sosial?, 2) Bagaimana relevansi Pemikiran Muhammad Yunus tentang Kewirausahaan Sosial dengan Pemberdayaan Masyarakat?. Untuk mengkaji Pemikiran Muhammad Yunus penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode library research (studi pustaka). Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dari buku, jurnal, penelitian terdahulu dan dokumen-dokumen terkait penelitian yang dibuat penulis. Teknik analisis data menggunakan Analisis Isi lalu penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini 1) Pemikiran Muhammad Yunus tentang Kewirausahaan Sosial yaitu usaha yang dibuat semata-mata untuk tujuan memecahkan masalah sosial atau lingkungan, dan pemiliknya tidak mengambil dividen apapun kecuali untuk menutup investasi mereka sendiri. Dengan menerapkan pendekatan praktis, inovatif dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif terhadap masyarakat terkhusus kelas ekonomi menengah kebawa serta sensitif gender.2) Pemikiran Muhammad Yunus tentang kewirausahaan sosial jelas memiliki relevansi dengan Pemberdayaan Masyarakat pada beberapa kategori, yakni dalam definisi , prinsip yang dipakai, serta tujuannya. Adapun prinsip-prinsipnya mengarah kepada pemberdayaan masyarakat, prinsip kebutuhan, partisipasi, keterpaduan, kemampuan sendiri (memanfaatkan potensi lokal yang ada), keberlanjutan, dan kaderisasi. Tujuan peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat serta kebahagiaan masyarakat dalam upaya peningkatan kesadaran perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan sosial; Muhammad Yunus; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:15
Last Modified: 16 Apr 2022 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics