Peran komunitas Green Soden dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara

Firdani, Herdinda Rahma (2020) Peran komunitas Green Soden dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046058_HERDINDA_RAHMA_FIRDANI] Text (SKRIPSI_1601046058_HERDINDA_RAHMA_FIRDANI)
SKRIPSI_1601046058_HERDINDA_RAHMA_FIRDANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Peran Komunitas Green Soden dalam pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Suwawal Timur Kecamatan Pakis AJi Kabupaten Jepara. Indonesia adalah egara berkembang yang mengalami pertumbuhan penduduk secara pesat, Indonesia memiliki berbagai problematika yang harus mendapatkan perhatian dari semua elemen masyarakat dalam upaya penyelesaiannya. Salah satunya permasalahan ekonomi, dimana banyak masyarakat yang memiliki pandangan jika dalam penyelesaiannya merupakan kewajiban pemerintah. Selain itu, pandangan lain yang melekat pada msayarakat Indonesia adalah dalam permasalahan pemenuhan ekonomi, dimana hanya laki-laki saja yang harus bekerja sedangkan perempuan tidak. Padahal,dalam penyelesaian permasalahan dapat dilakukan oleh semua elemen masyarakat salah satunya perempuan melalui program pemberdayaan yang dilakukan oleh komunitas seperti Green Soden yakni komunitas berbasis pemberdayaan yang melibatkan peran dari masyarakat serta lebih spesifiknya komunitas ini bertuan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi perempuan yang berada di Desa Suwawal Timur Kabupaten Jepara. Dalam praktinya Green Soden memiliki konsep kegiatan memanfaatkan pekarangan rumah untuk diolah dengan sedemikian rupa dengan menanam pohon, ternak ikan ataupun kandang dengan disusun secara rapi dan memanfaatkan barang bekas dimana dalam kegiatan ataupun program kerja yang dilakukan memiliki tujuan untuk pemberdayaan perekonomian yang dilakukan oleh perempuan di Desa Suwawal.
Penelitian ini ingin mengetahu mengenai proses dan peran pemberdayaan ekonomi menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan gejala-gejala masalah sosial masyarakat dan mengumpulkan data atau informasi yang disusun dan dijelaskan serta dianalisis. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini di dapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Green Soden memliki tahapan pemberdayaan antara lain: 1) pemungkinan adalah pengidentifikasian agar programnya tepat sasaran 2) Penguatan pemberian daya sehingga mampu menyelesaikan masalah 3)Perlindungan diberdayakan untuk mencegah terjadinya penindasan dan eksploitasi kelompok 4) Penyokongan pemberian support dan dukungan 5) Pemeliharaan yaitu pengawasan sehingga memungkinkan terjadinya keberlanjutan. Di dalam proses pemberdayaan Green Soden juga memiliki Peran Aktif yaitu peran yang diberikan kepada anggota atau kelompok seperti pengurus pejabat dan lain sebagainya. Kedua, peran partisipatif yaitu peran yang diberikan kepada anggota kelompok kepada kelompok lainya yang berguna. Ketiga, Peran pasif adalah peran yang bersifat implisit

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Perempuan; Komunitas; Green Soden
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rifqi Maulana
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:36
Last Modified: 23 Apr 2022 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15903

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics