Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jual beli HP refurbished secara online pada aplikasi Tokopedia (studi kasus pada konsumen Tokopedia di Desa Timbang Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang)

Afifah, Laelia Nur (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jual beli HP refurbished secara online pada aplikasi Tokopedia (studi kasus pada konsumen Tokopedia di Desa Timbang Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036170_LAELIA_NUR_AFIFAH] Text (SKRIPSI_1602036170_LAELIA_NUR_AFIFAH)
SKRIPSI_1602036170_LAELIA_NUR_AFIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu persoalan utama dalam Islam yaitu untuk memperbaiki kehidupan manusia yang berkaitan dengan pemenuhan kehidupan hidup masing-masing orang yang dalam hal ini adalah jual beli. Perkembangan teknologi telah membawa perubahan di segala bidang kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu dalam bidang teknologi komunikasi. Handphone (HP) merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi yang dapat memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Kebutuhan akan komunikasi mengakibatkan pesatnya jual beli HP sebagai alat komunikasi. Seperti halnya dengan Hp Refurbished yang merupakan sisa unit smartphone yang belum terjual, lalu di kumpulkan untuk di perbaharui atau di perbaiki, dan kemudian di jual lagi di pasaran atau tempat jual beli yang lainnya. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan minat konsumen untuk membelinya karena harga yang relatif sangat murah. Berdasarkan hal tersebut, dirasa perlu untuk mendalami cara pelaksanaan jual beli Hp refurbished, untuk mengetahui apakah pelaksanaan jual beli seperti ini dalam Islam diperbolehkan atau tidak.
Penelitian ini akan mencari tahu bagaimana pelaksanaan jual beli Hp refurbished secara online pada aplikasi Tokopedia di Desa Timbang Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, apakah dalam pelaksanaannya benar terdapat unsur gharar serta tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan tersebut. Apakah sudah memenuhi seluruh aspek rukun dan syarat jual beli secara online.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu kegiatan penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Dengan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi, serta dengan data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku, Al-Qur’an, dan Al-Hadits.
Dengan permasalahan yang ada, penulis menarik kesimpulan bahwa pelaksanaan jual beli Hp refurbished secara online pada aplikasi Tokopedia di Desa Timbang Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang dilakukan melalui tahapan jual beli online, yaitu pemesanan barang, hingga melakukan pembayaran. Setelah ditinjau menurut hukum Islam, jual beli Hp refurbished secara online pada aplikasi Tokopedia di Desa Timbang Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang jual beli tersebut tidak di perbolehkan walaupun dalam syarat dan rukun sudah sesuai, akan tetapi terdapat unsur gharar (ketidakjelasan) dalam pelaksanaannya, karena tidak adanya kecakapan pembeli terhadap barang tersebut dan ada ketidakjelasan pada kondisi objek jual belinya. Dan bertentangan dengan hadits Rasulullah tentang larangan menjual barang cacat yang tersembunyi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli online; Tokopedia; Gharar; Hp Refurbished
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fiqya Ainatul Latifa
Date Deposited: 10 May 2022 01:55
Last Modified: 10 May 2022 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics