Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Moro Berkah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Kismiyah, Qoniatul (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Moro Berkah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046037_Qoniatul_Kismiyah] Text (SKRIPSI_1601046037_Qoniatul_Kismiyah)
SKRIPSI_1601046037_Qoniatul_Kismiyah;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Qoniatul Kismiyah. 1601046037. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Moro Berkah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Program studi Pengembangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Dosen Pembimbing I: Drs. Kasmuri, M.Ag. Dosen Pembimbing II: Dr. Sulistio, S.Ag., M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat desa dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat ekonomi desa serta dibentuk berdasarkan sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Desa Mororejo memiliki potensi alam berupa Pantai Ngebum, sebelum didirikannya BUMDes Pantai Ngebum dikelola oleh perorangan atau swasta dengan cara dilelang per tahunnya sehingga masyarakat tidak dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam dengan maksimal. Pemerintah Desa Mororejo kemudian membentuk BUMDes Moro Berkah sebagai upaya dalam mensejahterakan masyarakat desa dengan memanfaatkan potensi lokal desa berupa Pantai Ngebum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh BUMDes Moro Berkah serta untuk mengetahui ekonomi dari proses pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh BUMDes Moro Berkah.
Fokus penelitian dalam dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Moro Berkah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal? dan (2) Bagaimana hasil dari proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Moro Berkah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal?.
Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan, ekonomi masyarakat dan BUMDes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Moro Berkah sudah berjalan efektif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat dan aktivitas perekonomian dijalankan di kawasan wisata Pantai Ngebum dilihat dari masyarakat Desa Mororejo sudah disediakan ¬tenda-tenda penjualan di kawasan wisata Pantai Ngebum sehingga dapat meningkatkaan pendapatan masyarakat sekitar serta dibangunnya toko oleh-oleh khas Desa Mororejo di kawasan wisata Pantai Ngebum untuk menampung hasil olahan produksi rumahan yang dibuat oleh masyarakat Desa Mororejo seperti dendeng bandeng cabut duri, terasi udang, gimbal udang. Serta telah merekrut masyarakat Desa Mororejo untuk bekerja di BUMDes Moro Berkah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; BUMDes Moro Berkah
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mega Adjie Wikhda
Date Deposited: 16 Apr 2022 07:24
Last Modified: 16 Apr 2022 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15913

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics