Penggunaan waktu istiwa' (WIS) sebagai pedoman waktu di Pulau Bawean dalam perspektif astronomis dan sosiologis

Azizah, Ayu (2020) Penggunaan waktu istiwa' (WIS) sebagai pedoman waktu di Pulau Bawean dalam perspektif astronomis dan sosiologis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046105_AYU_AZIZAH] Text (SKRIPSI_1602046105_AYU_AZIZAH)
SKRIPSI_1602046105_AYU_AZIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Di era modern ini, penggunaan Waktu Istiwa’ (WIS) menjadi sebuah hal langka dan dianggap klasik. WIS yang beracuan pada bencet hanya terdapat di beberapa tempat bersejarah dan pondok-pondok pesantren tua. Pada umumnya WIS ini digunakan hanya dalam menentukan waktu salat saja. Namun berbeda halnya, di Pulau Bawean WIS bukan hanya digunakan dalam waktu ibadah semata, namun juga digunakan sebagai pedoman waktu dalam kehidupan sehari-hari mulai dari kegiatan sosial kemasyarakatan, pekerjaan di bidang non formal hingga kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan. Pulau ini secara geografis terletak di sebelah utara Gresik, sehingga termasuk pada zona Waktu Indonesia Barat (WIB). Namun pada realitanya, masyarakat Bawean tidak mengikuti zona waktu tersebut, melainkan menjadikan WIS sebagai pedoman waktu dalam kehidupannya. Dengan permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian mengenai: (1) Eksistensi WIS sebagai pedoman waktu di Pulau Bawean dalam kehidupan sehari-hari, (2) Tingkat akurasi bencet sebagai acuan WIS di Pulau Bawean, dan (3) Metode penggunaan WIS di Pulau Bawean.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian yang bersifat lapangan (field research). Data primer diperoleh dengan melakukan observasi secara langsung di lapangan terhadap bencet sebagai acuan WIS serta wawancara kepada beberapa tokoh masyarakat di Pulau Bawean tentang penggunaan WIS sebagai pedoman waktu dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan Pulau Bawean, sosial dan WIS serta artikel dan jurnal penelitian yang menjadi penunjang dalam penelitian ini. Kemudian setelah data-data terkumpul, maka dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Eksistensi WIS di Pulau Bawean masih sangat kental yang dipengaruhi oleh ulama kharismatik KH. Hasan Asy’ari Al-Baweani Al-Fasuruani. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan WIS sebagai pedoman waktu dalam kehidupan sehari-hari mulai dari ibadah, bekerja, belajar, menghadiri hajatan sehingga WIS menjadi waktu alternatif bagi masyarakat Bawean. (2) Tingkat akurasi bencet menunjukkan hasil yang akurat, karena penulis mengkomparasi hasil pengamatan dengan perhitungan astronomi. Terdapat sedikit selisih di satuan detik mulai 00,33 detik hingga 59,27 detik dikarenakan pada saar pengamatan hanya melihat sampai satuan menit (3) Metode WIS yang digunakan yaitu mengambil alih fungsi jam bencet kepada jam dinding, yaitu dengan melakukan pengamatan waktu Matahari kulminasi dan pada saat itu jam dinding akan dicocokkan menjadi pukul 12:00:00 WIS sehingga menjadi permulaan dari WIS tersebut dan jam dinding sudah berbasis WIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu istiwa' (WIS); Bawean; Bencet; Jam Istiwa; Astronomi; Sosiologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fiqya Ainatul Latifa
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:13
Last Modified: 16 Apr 2022 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15914

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics