Implementasi dakwah melalui komunikasi interpersonal dalam novel "Si Anak Pintar" karya Tere Liye

Alif, Aslikhatul Ummah Sofi (2020) Implementasi dakwah melalui komunikasi interpersonal dalam novel "Si Anak Pintar" karya Tere Liye. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026117_ASLIKHATUL UMMAH Sofi Alif] Text (SKRIPSI_1601026117_ASLIKHATUL UMMAH Sofi Alif)
SKRIPSI_1601026117_ASLIKHATUL UMMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama: Aslikhatul Ummah Sofi Alif (1601026117) Judul: “Implementasi Dakwah Melalui Komunikasi Interpersonal dalam Novel Si Anak Pintar karya Tere Liye”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Amar ma’ruf dan nahi munkar (memerintahkan berbuat kebajikan dan mencegah kemungkaran atau perbuatan yang terlarang) merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Syech Nashr bin Muhammad bin Ibrahim Al-Samarqandi mengartikan ma’ruf sebagai sesuatu yang tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan akal, sedangkan munkar sebagai sesuatu yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan akal. Secara bahasa ma’ruf berasal dari kata ‘arafa ( )عرف yang berarti mengetahui, mengenal. Sedangkan munkar adalah sesuatu yang dibenci, ditolak dan tidak pantas. Pemilihan novel Si Anak Pintar sebagai bahan penelitian karena ceritanya mengandung pesan dakwah melalui komunikasi interpersonal yang ingin disampaikan yaitu mengajak seseorang untuk berbuat amar ma'ruf nahi munkar, khususnya kepada anak kecil, remaja dan dewasa. Memegang teguh nilai-nilai kebaikan, menjunjung tinggi kehormatan keluarga walaupun mereka berada di lingkungan yang jauh dari kota, kabupaten maupun kecamatan. Akan tetapi anak-anak Mamak memiliki cita-cita luar biasa yang tak kalah dengan cita-cita orang kota, mereka diberi pemahaman kehidupan dengan contoh-contoh yang selalu diterapkan oleh Mamak dan Bapak (Pak Syahdan).
Dari latar belakang tersebut, penulis mengambil objek penelitian Novel Si Anak Pintar karya Tere Liye. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Dakwah Melalui Komunikasi Interpersonal yang dilakukan orang tua dan warga kampung kepada si Pukat Anak Pintar dan kawan-kawannya dalam Novel Si Anak Pintar Karya Tere Liye.
Karya skripsi ini bersifat library research dan berjenis penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis). Prosedur yang dipakai dalam penelitian ini meliputi seleksi data, menentukan unit analisis, mengembangkan kategori-kategori isi dan analisis data. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung, membaca, memahami, mengidentifikasi, mencatat dan mengumpulkan implementasi dakwah melalui komunikasi interpersonal. Data penelitian ini adalah cerita novel yang mengandung implementasi dakwah menggunakan teori komunikasi interpersonal dalam novel Si Anak Pintar karya Tere Liye.
ix
Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut meliputi: 1) Komunikasi Interpersonal dalam bentuk Keterbukaan (openness) mencakup larangan memulai pertengkaran jika tidak tahu cara mengakhirinya, jangan pernah biarkan kejujuran hilang dari pemuda tanggung karena pengaruh lingkungan dan jangan suka membicarakan orang lain. 2) Komunikasi Interpersonal dalam bentuk Empati (empathy) mencakup pentingnya menghargai sebutir nasi dan makanlah sesuai porsinya agar tidak membuang nasi. 3) Komunikasi Interpersonal dalam bentuk Sikap Mendukung (supportiveness) mencakup dalam urusan bersungguh-sungguh belajar tidak ada kesederhanaan dan jika ingin menjadi penulis yang baik mulailah dengan menulis. 4) Komunikasi Interpersonal dalam bentuk Sikap Positif (positiveness) mencakup siapa yang terlatih mengerjakan matematika maka akan bisa, anak-anak harus selalu berdisiplin, kejujuran adalah segalanya dan larangan berkelahi lebih dari tiga hari antar saudara. 5) Komunikasi Interpersonal dalam bentuk Kesetaraan (equality) mencakup kejujuran bisa memperbaiki perangai serta keluarga, teman dan lingkungan yang dapat memengaruhi perangai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Komunikasi interpersonal; Novel; Tere Liye
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ahmad Hafid
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:34
Last Modified: 23 Apr 2022 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15935

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics