Facebook sebagai media dakwah dalam pengajian ahad pagi di Pesantren Fadhlul Fadhlan Kelurahan Pesantren Kecamatan Mijen Kota Semarang

Inayah, Inda Lailatul (2021) Facebook sebagai media dakwah dalam pengajian ahad pagi di Pesantren Fadhlul Fadhlan Kelurahan Pesantren Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026043_INDA_LAILATUL_INAYAH] Text (SKRIPSI_1601026043_INDA_LAILATUL_INAYAH)
SKRIPSI_1601026043_INDA_LAILATUL_INAYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Facebook sebagai Media Dakwah dalam Pengajian Ahad Pagi di Pesantren Fadhlul Fadhlan Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang”. Facebook merupakan media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat dengan fitur-fitur yang menarik juga facebook sangat mudah dalam pengaplikasiannya terutama bagi para pengguna pemula. Fitur live streaming atau siaran langsung merupakan fitur yang hingga saat ini masih sangat aktif digunakan masyarakat dari berjualan atau pun kegiatan seminar seperti dakwah yang memang sudah seharusnya disebarluaskan melalui media sosial. Oleh karena itu, akun “Pesantren Fadhlul Fadhlan” memanfaatkan fitur tersebut untuk berdakwah, salah satunya yaitu pada kegiatan Pengajian Ahad pagi yang dilaksanakan selama satu kali dalam seminggu.
Dari itu, penulis tertarik meneliti Pengajian Ahad pagi yang diselenggarakan melalui facebook dengan rumusan masalah “Bagaimana penggunaan facebook dalam Pengajian Ahad pagi?” dan “Apa kelebihan dan kekurangan Facebook sebagai media dakwah dalam pengajian Ahad Pagi?”. Kemudian kegunaannya untuk memberikan informasi kajian praktis dan teoritis tentang facebook sebagai media dakwah melalui fitur siaran langsung pada Facebook. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan teknik wawancara. Teknik observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan secara langsung dan secara online, kemudian teknik wawancara dilakukan dengan orang-orang yang berkaitan pada Pengajian Ahad pagi.
Hasil temuan pada penelitian ini yaitu pemanfaatan berbagai fitur pada media facebook. Dari status, halaman, grup, dan pada intinya yaitu live streaming facebook yang digunakan oleh Pesantren Fadhlul Fadhlan. Kemudian pengajian ini sangat membantu masyarakat yang menginginkan mengaji langsung namun belum bisa hadir, sehingga live streaming sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Walau dilihat dari sisi lain, pengajian ahad pagi kurang efektif jika diselenggarakan secara online, karena mungkin terganggunya koneksi internet yang menghalangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Facebook; Dakwah; Pengajian ahad pagi; Pndok Pesantren Fadlul Fadholan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Saidah Marifah Mz
Date Deposited: 10 May 2022 02:00
Last Modified: 10 May 2022 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics