Teknik sinematografi dalam produksi film Narasi untuk Tuhan di Walisongo TV

Yuniar, Aviva (2020) Teknik sinematografi dalam produksi film Narasi untuk Tuhan di Walisongo TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026125_Aviva Yuniar;] Text (SKRIPSI_1601026125_Aviva Yuniar;)
SKRIPSI_1601026125_Aviva Yuniar;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Dakwah Komunitas Cah Hijrah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi yang digunakan oleh Komunitas Cah Hijrah dalam kegiatan dakwah yang dilakukan terhadap jamaahnya terutama pada kalangan remaja dengan masa lalu yang beraneka ragam seperti non muslim, anak jalanan dan sebagainya berhasil menjadi seseorang yang lebih baik.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif . Penentuan sumber data ditentukan secara puposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan jenis-jenis strategi dakwah yang telah dipaparkan oleh Al Bayanuni dan penerapannya pada Komunitas Cah Hijrah sebagai berikut: pertama, Strategi Sentimentil (al-manhaj al-athifi) adalah dakwah yang memfokuskan pada aspek hati dan menggerakkan perasaan dan batin mad’u dakwah. Untuk itu diterapakan strategi pada masing-masing sasaran dakwah kepada remaja yang terbiasa dengan lifestyle ala urban style dan tatoan diterapkan dengan mengajak orang yag memiliki kedekatan supaya dapat memberi pengaruh yang baik bagi sekitarnya, kepada kalangan umum dengan menghadirkan ustadz yang menarik,dari sisi non muslim dengan mencontohkan hal baik, kepada pengurus dengan pengadaan basecamp. Kedua, Strategi Rasional (al-manhaj al-aqli) adalah dakwah dengan beberapa metode yang memfokuskan pada akal pikiran, strategi ini mendorong mad’u dakwah untuk berpikir, merenungkan dan mengambil pelajaran, penggunaan hukum logika, diskusi atau penampilan contoh dan bukti sejarah merupakan beberapa metode dari strategi rasional.yaitu dengan pengadaan pengajaran dengan maateri materi yang dipilih sesuai kebutuhan jamaah. Ketiga, Strategi Indrawi (al-manhaj al-hissi) dapat dinamakan dengan strategi ilmiah yang merupakan sistem dakwah atau kumpulan metode dakwah yang berorientasi pada pancaindra dan berpegang teguh pada hasil penelitian dan percobaan. Dalam strategi ini maka Komunitas Cah Hijrah mengadakan aktivitas di luar kajian seperti Ukhuwah Futsaliyah, Tafakkur Alam, Cah Panahan, Nobar dan Diskusi Film

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sinematografi; Strategi dakwah; Media dakwah; Televisi; Komunitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 770 Photography and photographs > 777 Cinematography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Mega Adjie Wikhda
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:12
Last Modified: 23 Apr 2022 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics