Teknik komunikasi persuasif Wirda Mansur dalam berdakwah melalui Youtube di era millenial

Lestari, Dian (2020) Teknik komunikasi persuasif Wirda Mansur dalam berdakwah melalui Youtube di era millenial. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026109_DIAN LESTARI] Text (SKRIPSI_1601026109_DIAN LESTARI)
SKRIPSI_1601026109_DIAN LESTARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berdakwah di era millenial berhadapan dengan pesatnya perkembangan teknologi yang memungkinkan dakwah bisa diakses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Menyikapi hal ini da’i harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Jika tidak arus dakwah kian melambat dan tertinggal. Berdakwah melalui media youtube mungkin adalah salah satu solusinya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu da’i muda, yaitu Wirda Mansur, yang memanfaatkan media youtube untuk eksistensi dakwah. Terlepas itu yang menjadi faktor utama dari suksesnya dakwah adalah kemampuan da’i dalam menyampaikan pesan dengan baik sehingga mudah diterima oleh mad’u, untuk mencapai itu semua dibutuhkan teknik-teknik komunikasi persuasif yang apik oleh sang da’i. Oleh karena itu penelitian ini terfokus untuk menjawab bagaimana teknik komunikasi persuasif Wirda Mansur dalam dakwahnya melalui youtube di era millenial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik komunkasi dakwah Wirda Mansur dalam berdakwah melalui youtube di era millenial. Untuk menganalisis persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan cara kerja pengunitan, penyederhanaan data, pengambilan simpulan dengan menentukan kategori-kategori yang sudah di klasifikasikan, kemudian analisis data. Penelitian ini mengambil lima video dakwah Wirda Mansur, dipilih sesuai rating jumlah penonton dan tema yang menarik sebagai objek penelitian.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik komunikasi persuasif yang digunakan Wirda Mansur dalam berdakwah di youtube ada lima.yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran (pay-off-technique), teknik tataan, dan teknik red-herring. Pertama teknik asosiasi yaitu bagaiamana Wirda menarik perhatian mad’u dengan membahas peristiwa yang sedang menarik, kedua teknik integrasi cara yang digunakan Wirda melalui pendekatkan diri secara komunikatif kepada mad’u, ketiga teknik ganjaran yaitu cara dimana Wirda mempengaruhi orang lain dengan mengiming-imingi atau memberikan harapan, keempat teknik tataan yaitu bagaimana Wirda mengolah kata menjadi suatu kalimat yang baik hingga tercapailah suatu maksut dari pesan tersebut, terakhir teknik red-herring cara berkomunikasi melalu berdebatan dengan mematahkan argumentasi dari lawan bicara, dan menggiring kepada argumentasi yang dipunyai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik komunikasi; Persuasif; Strategi dakwah; Youtube; Era millenial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ahmad Hafid
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:16
Last Modified: 23 Apr 2022 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics