Teknik penyampaian pesan dakwah tentang pantangan membunuh binatang dalam film “Mitos”

Istiqomah, Iis (2020) Teknik penyampaian pesan dakwah tentang pantangan membunuh binatang dalam film “Mitos”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026039_IIS_ISTIQOMAH] Text (SKRIPSI_1601026039_IIS_ISTIQOMAH)
SKRIPSI_1601026039_IIS_ISTIQOMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keyakinan dan budaya yang diterjemahkan dalam bentuk pantangan dilakukan oleh sebagian masyarakat meyakini bahwa seorang ibu selama masa hamil harus melakukan pantangan atau larangan. Pantangan tersebut agar bayi dan ibunya terhindar dari bahaya. Pantangan memiliki arti sebagai pesan dakwah yang mengajak untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang menurut kepercayaan (agama/leluhur). Film “Mitos” menjadi salah satu alternatif sebagai contoh untuk menyampaikan pesan dakwah kepada masyarakat mengenai pantangan. Rumusan msalah dalam penelitian adalah apa pesan dakwah dalam film“Mitos” dan bagaimana teknik penyampaian pesan dakwah tentang pantangan membunuh binatang dalam film “Mitos”.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja pesan dakwah dan mendeskripsikan teknik penyampaian pesan pantangan membunuh binatang dalam film “Mitos”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan pendekatan menggunakan metode analisis isi (content analysis).Pada tahap pertama peneliti telah mempelajari data yaitu transkip dari film “Mitos”, kemudian yang kedua melakukan koding terhadap istilah-istilah atau penggunaan kata, kalimat atau adegan relevan dengan pesan dakwah dan teknik penyampaian dalam film. Ketiga melakukan klarifikasi, klarifikasi dilakukan dengan melihat satuan makna yang berhubungan dengan penelitian. Yang keempat membangun makna dan kategori, kemudian makna dan kategori dianalisis dan dicari hubungannya dengan yang lainnya untuk menemukan makna dan tujuan komunikasi dalam film “Mitos”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian pesan dakwah diklarifikasikan menjadi tiga aspek. Yaitu Akidah, Akhlak dan Syari’ah. Pesan akidah terdapat pada pesan qada dan qadar pada (scene 43). Pesan akhlak terhadap diri sendiri mengenai sabar (scene 61). Pesan syari’ah terdapat pada pesan ibadah (scene 44). Sedangkan teknik penyampaian pantangan membunuh binatang tedapat pada scene 12, 13, dan scene 18. Pencahayaan yang sering digunakan dalam setiap adegan adalah article light yaitu cahaya buatan sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan cahaya lampu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film; Dakwah; Pantangan; Membunuh binatang; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 340 Law
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Saidah Marifah Mz
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:52
Last Modified: 23 Apr 2022 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15951

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics