Uji akurasi kompas arah kiblat dalam aplikasi KESAN (Kedaulatan Santri)

Mubarok, Muhammad Zaki (2020) Uji akurasi kompas arah kiblat dalam aplikasi KESAN (Kedaulatan Santri). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046063_MUHAMMAD_ZAKI_MUBAROK] Text (SKRIPSI_1602046063_MUHAMMAD_ZAKI_MUBAROK)
SKRIPSI_1602046063_MUHAMMAD_ZAKI_MUBAROK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di era sekarang, banyak sekali aplikasi ilmu falak yang beredar di Play Store yang dikembangkan oleh pegiat falak maupun perusahaan di bidang software yang mudah digunakan. Sehingga masyarakat di era sekarang banyak yang mengunduh aplikas ilmu falak berbasis android untuk memudahkan kehidupan mereka sehari-hari, salah satunya adalah untuk menetukan arah kiblat. Aplikasi android untuk menentukan arah kiblat juga banyak ditemukan, salah satunya adalah aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) yang dirilis pada 2 Mei 2019. Aplikasi KESAN ini dibuat oleh Hamdan Hamedan, seorang santri dan lulusan Universitas di Amerika. Aplikasi ini memuat berbagai macam fitur, salah satunya adalah kompas arah kiblat yang berfungsi untuk mengarahkan ke Ka’bah, namun acuan ini menggunakan kompas arah kiblat, yang mengacu pada magnet bumi sehingga jika di suatu daerah terdapat banyak magnet, otomatis tingkat keakurasiannya akan berkurang dari daerah yang tekanan magnetnya rendah. Jumlah pengunduh aplikasi KESAN per 4 April 2020 sebesar 10.000 dan mempunyai rating 3+, sebuah jumlah peminat yang cukup tinggi, mengingat aplikasi ini tergolong aplikasi yang baru.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui algoritma kompas arah kiblat dalam aplikasi KESAN, dan sejauhamana tingkat keakurasian kompas arah kiblat dalam aplikasi KESAN.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Penggalian data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, rumus yang digunakan dalam source code pada fitur kompas arah kiblat aplikasi KESAN memiliki bentuk yang berbeda jika dibandingkan dengan rumus-rumus yang beredar dalam buku ilmu falak selama ini. Seperti rumus arah kiblat menggunakan Atan2 yang merujuk kepada segitiga datar bukan segitiga bola, dikarenakan rumus Atan2 ini menghitung satu nilai tangen busur dari dua variable x dan y. Selain itu, fungsi ini berguna dalam banyak aplikasi yang melihatkan vektor dalam ruangan euclidean seperti menentukan arah dari titik satu ke titik yang lainnya, juga berguna untuk menentukan arah kiblat akan tetapi memakai metode segitiga datar. Kedua, selisih hasil pengukuran arah kiblat menggunakan kompas arah kiblat aplikasi KESAN sangatlah besar yakni berkisar 2˚. Hal ini dipengaruhi oleh sensor yang tidak responsif, tempat pengukuran yang banyak mengandung logam dan besi, serta alat ukur yang belum dikalibrasi. Kemudian, pengukuran di dalam ruangan dan di luar ruangan lebih akurat di luar ruangan karena tidak terpengaruh oleh logam dan besi. Karena itu, fitur dalam aplikasi KESAN ini tidak disarankan dalam acuan primer, namun bias digunakan dalam kondisi darurat saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Kompas; Uji akurasi; Aplikasi KESAN
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 525 Earth (Astronomical geography)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fiqya Ainatul Latifa
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:56
Last Modified: 23 Apr 2022 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15952

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics