Optimalisasi manajemen siaran radio MBS FM dalam meningkatkan eksistensi sebagai radio dakwah melalui podcast

Nurkhasanah, Risma (2021) Optimalisasi manajemen siaran radio MBS FM dalam meningkatkan eksistensi sebagai radio dakwah melalui podcast. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026095_Risma_Nurkhasanah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1601026095_Risma_Nurkhasanah_Lengkap)
SKRIPSI_1601026095_Risma Nurkhasanah;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Radio MBS FM 107.8 merupakan salah satu radio komunitas yang juga sebagai radio dakwah yang berada di Kota Semarang. Radio MBS FM tidak hanya menyiarkan program acara yang berbasis islami atau dakwah akan tetapi berita, kesehatan, musik, juga ada di dalamnya. Sehingga pendengar dari Radio MBS FM dapat menikmati sajian secara keseluruhan. Walaupun Radio MBS FM merupakan radio komunitas yang jarak dengarnya hanya mencapai 2,5 km, hal ini dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti youtube instragram, aplikasi MBS FM berbasis android dan juga layanan steaming.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian action research dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dari Matthew B. Miles dan A. Huberman. Peneliti ikut serta dalam proses produksi, mengumpulkan data-data, arsip-arsip yang terkait dengan Radio MBS kemudian direduksi, disajikan, dan disimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Radio MBS FM telah menerapkan manajemen siaran yang terbagi ke dalam empat proses, yaitu perencanaan (planning) yakni dengan menyusun perencanaan proses produksi, pengorganisasian (organizing) yakni dengan mengorganisasikan penyiar atau tim yang bertugas dalam produksi podcast, pengarahan dan memberikan pengaruh (directing/influencing) yakni dengan mengarahkan crew sesuai dengan tugas dan job description masing-masing, dan pengawasan (controlling) yakni dengan melakukan kontrol atau pengecekan pada saat proses produksi podcast. Radio MBS FM akhirnya dapat menerapkan manajemen siaran dalam produksi podcast dengan dapat mengatur atau mengontrol jalannya produksi mulai dari merencanakan kegiatan siaran (produksi), mengorganisasikan tim sehingga sesuai dengan bidangnya masing-masing, mengarahkan sumber daya manusia yang ada di dalamnya, dapat mengawasi segala bentuk aktivitas proses produksi podcast. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara online mengingat kondisi saat ini sedang terjadi pandemi covid-19. Dengan diterapkannya manajemen siaran yang baik maka dapat meningkatkan eksistensi Radio MBS FM sebagai radio dakwah dilihat dari produksi podcast yang dilakukan secara kontinu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Siaran radio MBS FM; Radio dakwah; Podcast
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Mega Adjie Wikhda
Date Deposited: 10 May 2022 02:05
Last Modified: 10 May 2022 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15954

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics