Strategi manajemen penyiaran Radio Santika FM dalam meningkatkan keahlian penyiar

Rohmah, Nur Alifatur (2021) Strategi manajemen penyiaran Radio Santika FM dalam meningkatkan keahlian penyiar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026148_NURUL_AFIFATUR_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1601026148_NURUL_AFIFATUR_ROHMAH)
SKRIPSI_1601026148_NURUL_ AFIFATUR_ ROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nurul Afifatur Rohmah, 1601026148. Skripsi “Strategi Manajemen Penyiaran Radio Santika FM Dalam Meningkatkan Keahlian Penyiar”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang 2021.
Radio Santika FM Temanggung merupakan satu-satunya radio niaga yang berlatar belakang dakwah di Kabupaten Temanggung. Meskipun berlatar belakang dakwah radio Santika tetap memberikan siaran yang berkualitas dengan tetap menyajikan informasi, hiburan serta pendidikan. yang bagus di dukung oleh berbagai pihak salah satunya ialah penyiar. penyiar sebagai tombak awal dalam radio harus mampu membawa citra radio yang lebih baik.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis interaktif, yang mana dalam analisi ini terdapat tiga komponen yaitu (1) Reduksi data (2) Sajian data (3) Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Mengenai strategi manajemen penyiaran radio Santika FM dalam meningkatkan keahlian penyiar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen penyiaran yang digunakan oleh radio Santika FM dalam meningkatkan keahlian penyiar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa radio Santika FM telah menerapkan beberapa strategi yang sesuai dengan manajemen penyiaran untuk meningkatkan keahlian penyiar yaitu, training, evaluasi, dan kunjungan ke radio lain. Penerapan strategi tersebut tak lepas dari fungsi manajemen yaitu perencaaan, pengorganisasian, pengarahan dan memberikan pengaruh dan pengawasan.
Setelah menerapkan beberapa strategi tersebut, tentu yang perlu ditindaklanjuti ialah kerjasama dari berbagai pihak, mulai dari pimpinan hingga staf, sehingga akan meminimalisir kesalahan dan sebagai bahan evaluasi kedepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen penyiaran; Keahlian penyiar
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Saidah Marifah Mz
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:59
Last Modified: 23 Apr 2022 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics