Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal di kampung olahan singkong Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Karimah, Iffa (2020) Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal di kampung olahan singkong Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046022_IFFA_KARIMAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1601046022_IFFA_KARIMAH_Lengkap)
SKRIPSI_1601046022_IFFA KARIMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dari penelitian ini adalah bagaimana proses Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal di Kampung Olahan Singkong Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dan hasil Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal di Kampung Olahan Singkong Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Tujuan meliputi (1) untuk mengetahui proses pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal di Kampung Olahan Singkong, (2) mengetahui hasil dari kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan singkong di Kampung Olahan Singkong terhadap peningkatan ekonomi keluarga, sosial serta lingkungan.
Penelitian dilakukan di Kampung Olahan Singkong Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskripstif. Fokus penelitian ini adalah proses pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan singkong di Kampung Olahan Singkong. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal di Kampung Olahan Singkong meliputi: (1) pelatihan pengolahan singkong sesuai dengan standar higienis oleh DP3A (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak) dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, pelatihan pengemasan produk oleh mahasiswa UT dan kelurahan Wonosari. (2) Evaluasi proses kegiatan pelatihan. Hasil pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal di Kampung Olahan Singkong meliputi: 1) Masyarakat/anggota kelompok meningkat dalam perekonomian. 2) Meningkatnya kemandirian kelompok yang ditandai dengan adanya lapangan pekerjaan masyarakat, makin berkembangnya usaha produktif anggota dan kelompok, makin kuatnya permodalan kelompok, makin rapihnya sistem administrasi kelompok, serta makin luasnya interaksi kelompok dengan kelompok lain di masyarakat. 3) Meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan. 4) Meningkatnya sumber daya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Masyarakat; Potensi lokal; Kampung olahan singkong
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 10 May 2022 02:21
Last Modified: 10 May 2022 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15960

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics