Metode pemetaan sosial sebagai landasan penyusunan RPJMDes (studi Kasus Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak)

Farihah, Arina Nur (2020) Metode pemetaan sosial sebagai landasan penyusunan RPJMDes (studi Kasus Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046042_ARINA NUR FARIHAH] Text (SKRIPSI_1601046042_ARINA NUR FARIHAH)
SKRIPSI_1601046042_ARINA NUR FARIHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Pemetaan sosial merupakan proses penggambaran masyarakat secara sistematik yang melibatkan pengumpulan data dan informasi mengenai masyarakat termasuk didalamnya profil dan masalah sosial yang ada pada masyarakat. Desa Kebonagung merupakan salah satu desa yang sudah melakukan pemetaan, dimana hasil dari pemetaan tersebut menghasilkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Adanya RPJMDes tersebut maka pembangunan di bidang ekonomi menjadi terarah karena program tersebut sudah disusun dan telah ditetapkan oleh pemerintah desa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pemetaan sosial untuk penyusunan RPJMDes Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak dan (2) Bagaimana pemanfaatan pemetaan sosial untuk penyusunan RPJMDes bidang ekonomi Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pemetaan yang dilakukan di Desa Kebonagung dimulai dengan membuat Tim Penyusun RPJMDes, melakukan observasi lapangan, melakukan rapat perumusan RPJMDes, dan penetapan RPJMDes. (2) Manfaat dari adanya pemetaan sosial yaitu untuk mengetahui wilayah yang sebenarnya dari suatu desa, untuk mengetahui kondisi serta karakteristik masyarakat dalam suatu wilayah, dan yang terakhir pemetaan sosial bermanfaat untuk menyusun program yang sesuai dengan potensi serta masalah yang ada pada wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemetaan sosial; Perencanaan; Pemberdayaan masyarakat; Ekonomi; RPJMDes
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ropiana Ropiana
Date Deposited: 17 May 2022 06:35
Last Modified: 17 May 2022 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics