Pengembangan program “Dakwah Islam Sore” di Radio Swara Pusaka 107.7 FM melalui insert feature

Windiyastuti, Elyn (2020) Pengembangan program “Dakwah Islam Sore” di Radio Swara Pusaka 107.7 FM melalui insert feature. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026135_Elyn Windiyastuti;] Text (SKRIPSI_1601026135_Elyn Windiyastuti;)
SKRIPSI_1601026135_Elyn Windiyastuti;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Program Dakwah” di radio Swara Pusaka 107.7 FM melalui insert feature merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan terhadap program Dakwah Islam Sore. Penelitian ini dilakukan karena masih minimnya penginovasian program yang dilakukan terhadap program dakwah di radio. Hal tersebut nampak pada program dakwah radio yang berisi sajian program ceramah, pemutaran lagu religi dan paket voicer saja. Program Dakwah Islam Sore di radio komunitas Swara Pusaka 107.7 FM Sukorejo ini misalnya, yang menyajikan jenis siaran ceramah dan pemutaran lagu religi saja. Padahal program ini masuk dalam jam siar utama (prime time) disamping juga mempunyai durasi siar yang cukup panjang. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa feature radio yang menarik guna menambah jumlah pendengar yang notabenenya menjadi sasaran dakwah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Penelitian pengembangan dengan model ini menggunakan terdiri dari lima prosedur yaitu analisis, desain, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan observasi. Sementara itu, untuk menganalisis data menggunakan motode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil Pengembangan yang dilakukan pada penelitian pengembangan terhadap program Dakwah Islam Sore di radio komunitas Swara Pusaka 107.7 FM Sukorejo adalah berupa penginovasian program dengan menghasilkan produk berupa paket feature. Hal ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan terhadap program tersebut yang kemudian dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan. Paket feature yang dihasilkan, merupakan sajian program dengan bentuk baru pada program dakwah, terkhusus pada program Dakwah Islam Sore produk paket feature. Dari adanya penginovasian program ini, diharapkan dapat membuat program Dakwah Islam Sore memiliki sajian baru dan membuat program tersebut menjadi lebih menarik. Sehingga jumlah pendengar di radio tersebut semakin bertambah. Disamping itu, penginovasian program dakwah ini juga merupakan terobosan baru dan juga alternatif pilihan metode dalam menyampaikan dakwah Islam. Meskipun pengembangan berhasil dilakukan, pengembangan ini dirasa masih kurang maksimal karena terkendala pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program dakwah; Media dakwah; Feature radio; Radio komunitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Mega Adjie Wikhda
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:54
Last Modified: 23 Apr 2022 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics