Semiotika foto jurnalistik dalam berita kemanusiaan pada media online Suara Muhammadiyah

Ayu Rhomadhoni, Ika (2020) Semiotika foto jurnalistik dalam berita kemanusiaan pada media online Suara Muhammadiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026038_IKA AYU RHOMADHONI_Skripsi LENGKAP.pdf] Text
1601026038_IKA AYU RHOMADHONI_Skripsi LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sesuai dengan kodratnya, manusia adalah makhluk sosial yang berarti bahwa manusia tidak bisa hidup atau bahkan harus hidup berdampingan dengan orang lain. Manusia memiliki akal untuk bisa membedakan hal baik dan buruk. Akal tersebut yang menuntun manusia untuk selalu berbuat baik, itulah sifat manusia yang kemudian disebut kemanusiaan. Seiring perkembangan jaman, segala aktivitas manusia akan diabadikan melalui sebuah foto. Kemudian setiap media online akan menampilkan foto jurnalistik yang menarik pembaca untuk melihat. Foto jurnalistik kemanusiaan adalah salah satu cabang fotografi untuk memotret segala ekspresi manusia di dalam kegiatannya yang dapat memunculkan interpretasi yang luas bagi pembaca berita sehingga memberikan informasi. Sehingga penulis mengambil rumusan masalah: Bagaimana makna foto jurnalistik tentang berita kemanusiaan pada media online Suara Muhammadiyah edisi Januari-Juli 2020? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penulis menganalisis makna kemanusiaan melalui tahap denotasi, konotasi dan mitos. Hasil yang diperoleh penulis berkaitan dengan makna kemanusiaan pada foto jurnalistik media online Suara Muhammadiyah yaitu: a) makna kemanusiaan dengan penanda non verbal berupa foto jurnalistik dalam bentuk love (cinta) terdapat satu indikator yaitu kasih sayang. b) makna kemanusiaan dengan penanda non verbal berupa foto jurnalistik dalam bentuk kindness (kebaikan hati) terdapat dua indikator yaitu tolong menolong sesama manusia dan kepeduliaan. c) makna kemanusiaan dengan penanda non verbal berupa foto jurnalistik dalam bentuk Social Intelligence (kecerdasan sosial) terdapat satu indikator yaitu empati. Foto jurnalistik kemanusiaan media online Suara Muhammadiyah dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada pembaca untuk terus melakukan kebaikan kepada sesama manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Semiotika; Media Massa; Media Massa Online; Suara Muhammadiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:43
Last Modified: 23 Apr 2022 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16001

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics