Pesan toleransi beragama dalam film pendek “Living with Muslims”

Fitria Ningsih, Mega (2021) Pesan toleransi beragama dalam film pendek “Living with Muslims”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026059_MEGAFITRIA N_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026059_MEGAFITRIA N_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Intoleransi merupakan satu persoalan dalam kehidupan beragama yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya informasi mengenai ajaran agama lain. Kekurangan informasi tersebut memunculkan sikap sterotipe terhadap ajaran agama yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pesan toleransi beragama dalam film pendek Living with Muslims. Film tersebut ditayangkan dalam channel youtube Film Maker Muslim. Penelitian ini menggunakan Semiotika sebagai pendekatan dalam menganalisis isi dalam video tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika model Ferdinand De Saussure. Teknik analisis data mengikuti tahapan yang dijelaskan oleh De Saussaure yaitu mencari penanda dan pertanda dalam setiap adegan. Sumber data diperoleh melalui data primer berupa cuplikan video Living with Muslims pada channel youtube Film Maker Muslim. Data sekunder yang digunakan adalah penelitian kepustakaan untuk mencari konsep dari teori-teori ini seperti buku-buku, ataupun referensi internet yang berhubungan dengan masalah dalam penulisan skripsi. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati cerita yang digambarkan dalam film dan dilanjutkan dengan mengambil beberapa gambar. Gambar adegan yang telah diambil selanjutnya dilakukan analisis menggunakan semiotika Ferdinand De Saussure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adegan yang menunjukkan adanya pesan toleransi beragama. diantaranya: mengakui hak orang lain, menghormati keyakinan orang lain, setuju dalam sebuah perbedaan, dan saling mengerti. Pesan toleransi beragama dalam film pendek tersebut juga di kemas secara apik, sehingga Tommy Limmm yang notabene beragama non-muslim dan keturunan chinese ini mampu membuka pikiran masyarakat tentang betapa pentingnya mempunyai sikap toleransi dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Toleransi Beragama; Film Pendek; Analisis Wacana
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:55
Last Modified: 23 Apr 2022 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics