Relasi antara locus of control dan ṭūl al-amal pada mahasiswi di Ma’had Al-Jami’ah UIN Walisongo Semarang

Sofyan, Nurul Hikmah (2020) Relasi antara locus of control dan ṭūl al-amal pada mahasiswi di Ma’had Al-Jami’ah UIN Walisongo Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600018040_Nurul_Hikmah_Sofyan] Text (TESIS_1600018040_Nurul_Hikmah_Sofyan)
1600018040_Nurul Hikmah Sofyan_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Hikmah Sofyan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ṭūl al-amal pada mahasiswi yang dimaksud dan diangkat menjadi permasalahan penelitian ini adalah ketika mahasiswi yang memiliki angan-angan, keinginan, atau cita-cita namun tidak berupaya melakukan usaha-usaha realistis yang mendekatkannya pada hasil yang diangankan. Yang terjadi adalah adanya ketimpangan antara apa yang dilakukan dengan apa yang diangankan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai teknik pengambilan data di lapangan. Hasil penelitian ini ialah adanya relasi antara locus of control dan ṭūl al-amal pada mahasiswi di Ma’had Al-Jami’ah UIN Walisongo Semarang di mana semakin tinggi internal locus of control mahasiswi maka semakin rendah ṭūl al-amal-nya. Sebaliknya, semakin rendah internal locus of control mahasiswi maka semakin tinggi ṭūl al-amal-nya. Adapun tinggi rendah internal locus of control dan ṭūl al-amal ditentukan dengan cara membandingkan kualitas kedua variabel yang ada pada mahasiswi berdasarkan latar belakang antara dari petani, pedagang, dan pegawai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tul al amal; Ma’had Al-Jami’ah UIN Walisongo; tasawuf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Apr 2022 03:26
Last Modified: 23 Apr 2022 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics