Representasi ketidakadilan gender dalam film televisi (FTV) Suara Hati Istri

Fatimah, Lilik (2021) Representasi ketidakadilan gender dalam film televisi (FTV) Suara Hati Istri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026068_Lilik Fatimah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026068_Lilik Fatimah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

FTV dipandang sebagai salah satu media komunikasi yang efektif dalam penyebarluasan ide dan gagasan, film juga merupakan media ekspresi seni yang memberikan jalur pengungkapan kreativitas, dan media budaya yang melukiskan kehidupan manusia. Sehingga pesan dalam FTV tersebut dapat tersampaikan ke pada masyarakat melalui cara yang kreatif dengan alur cerita yang menarik. Salah satu FTV yang memiliki peminat cukup besar adalah FTV Suara Hati Istri Episode Kebahagiaan Suamiku pada Wanita Lain, Kebahagiaanku pada Anakku. FTV ini merupakan film televisi yang mengisahkan tentang perjuangan seorang istri dalam menjaga rumah tangganya. Sosok istri dalam FTV ini digambarkan sebagai perempuan yang mengalami ketidakadilan karena suaminya. Ketidakadilan yang digambarkan dalam FTV ini salah satunya adalah ketidakadilan gender. Oleh karena itu penulis mengambil judul “Representasi Ketidakadilan Gender dalam Film Televisi (FTV) Suara Hati Istri” dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah wujud representasi ketidakadilan gender dalam FTV Suara Hati Istri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik Roland Barthes dimana terdapat denotasi, konotasi, dan mitos. Paradigma yang digunakan konstruktivisme atau constructionist approach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakadilan gender dalam FTV Suara Hati Istri direpresentasikan melalui scene-scene yang menunjukkan adanya marginalisasi, subordinasi, stereotype, dan kekerasan yang dialami oleh tokoh Rina. Penelitian ini juga sesuai dan memperkuat teori-teori yang sudah ada tentang ketidakadilan gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Analisis Konten; Dakwah; Media Komunikasi; Media Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 23 Apr 2022 03:19
Last Modified: 23 Apr 2022 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics