Video blog sebagai media baru dalam berdakwah: studi terhadap akun youtube Wirda Mansur

Amalia, Okta (2020) Video blog sebagai media baru dalam berdakwah: studi terhadap akun youtube Wirda Mansur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026071_OKTA AMALIA_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1601026071_OKTA AMALIA_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Youtube merupakan salah satu media baru yang memiliki kekuatan dalam penyebaran informasi yang diminati anak millenial. Fitur yang ditawarkan Youtube memungkinkan pesan dakwah berupa vlog dapat menyebar dengan cara kreatif mengikuti tren. Youtube bisa menjadi salah satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai pilihan media baru untuk berdakwah, menyebarkan pesan dakwah menggunakan fitur vlog dalam Youtube yang dikemas dengan kreatif sehingga menarik anak-anak muda. Sehubungan dengan hal tersebut, dilakukan penelitian terhadap akun Youtube Wirda Mansur dengan rumusan masalah “Bagaimana Video Blog dari Akun‎ Youtube Wirda Mansur sebagai Media Baru dalam Berdakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Bagaimana Pemanfaatan Video Blog dari Akun‎ Youtube Wirda Mansur sebagai Media Baru dalam Berdakwah. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan juga menggunakan analisis SWOT sebagai tolak ukur dari akun Wirda Mansur. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa akun Youtube Wirda Mansur menggunakan video blog untuk mengunggah video dengan berbagai jenis tema keislaman diantaranya #NgajiBarengWirda dan #NgobrolBarengWirda. Wirda Mansur berhasil mendapatkan mad’u sesuai target dakwahnya yaitu anak-anak muda karena dimana masing-masing video dikemas dengan visual yang cukup menarik seperti pembawaan dan gaya bahasanya, dan isinya yang beragam. Video yang diunggah pun menggunakan berbagai teknik pengambilan gambar, teknik editing cut to cut, zoom out, fade dan durasi yang tidak sampai berjam-jam serta beberapa ditambah musik dengan nuansa bergantung pada tema videonya. Analisis SWOT dari akun Wirda Mansur yang terdiri dari strengths (kekuatan) kemampuan dalam pembawaan video dan visual menarik, weaknesses (kelemahan) keterbatasan editing video dan teknik pengambilan gambar yang terlalu sederhana, opportunities (peluang) kemampuan dari Wirda menggunakan gaya bahasa sesuai dengan target dakwahnya, threats (ancaman) munculnya pembuat konten baru yang dirasa lebih menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat dakwah; Media komunikasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 23 Apr 2022 04:34
Last Modified: 23 Apr 2022 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics