Makna al salah dalam Al-Qur’an : semantik Toshihiko Izutsu

Kholis, Nur (2020) Makna al salah dalam Al-Qur’an : semantik Toshihiko Izutsu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600088019_Nur_Kholis] Text (TESIS_1600088019_Nur_Kholis)
1600088019 Nur Kholis Full Tesis - nurkholis alkhalifah.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini mengangkat tema besar “ Makna al-S}ala>h Dalam al-Qur’an (Semantik Toshihiko Izutsu)”. Hal ini dilatarbelakangi karena sebagian besar umat Islam hanya memahami kata al-s}ala>h sebagai ibadah shalat saja, mereka merujuk pendapat ulama’ fiqh.
Padahal kata al-s}ala>h memiliki ragam arti, seperti do’a (al-dua>’), membakar atau memanggang (i>qa>d al-na>r), hubungan (s}ilah), tulang ekor (s}ala>/s}alwan), dan teguh pendirian (luzu>m). Adapun metode adalah metode analisis deskriptis-ktitis dan pendekatan penelitian semantik Toshihiko Izutsu, dan secara spesifik dirumuskan dalam tiga masalah, sebagai berikut: (1) apa saja makna dasar dan makna relasional al-s}ala>h, (2) bagaimana perkembangan sinkronik dan diakronik makna al-s}ala>h, (3) bagaimana weltanschauung makna al-s}ala>h. Jenis penelitian ini adalah library research.
Hasil penelitian ini, penulis menemukan beberapa kesimpulan yang telah diperoleh. Pertama, bahwa makna dasar kata al-s}ala>h adalah do’a. Sebagaimana do’a itu adalah hubungan kamunikatif yang tertuju langsung kepada Allah tanpa perantara, digunakan juga sebagai ritual ibadah khusus. Kedua, konsep al-s}ala>h memiliki makna statis, tetapi makna bisa berkembang apabila ditinjau dari sudut pandang historisitas, yaitu makna al-s}ala>h yang kata kerjanya s}alla pada awalnya diartikan sebagai do’a kepada Tuhan tetapi dengan perantara. Lalu Islam datang merubah makna al-s}ala>h tidak lagi demikian, melainkan didasari dengan ketauhidan. Ketiga, analisis weltanschauung bahwa kata al-s}ala>h selain mengandung makna dasar berdo’a, juga sebagai wujud penghambaan manusia terhadap Allah, sebagaimana yang dikonsepsi oleh al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Semantik; al-Salah; Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76131 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:20
Last Modified: 25 Apr 2022 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics