Pelaksanaan pendidikan Islam mualaf Suku Baduy di kampung Landeuh Lebak Banten

Sopian, Achmad (2020) Pelaksanaan pendidikan Islam mualaf Suku Baduy di kampung Landeuh Lebak Banten. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600118021_Achmad_Sopian] Text (TESIS_1600118021_Achmad_Sopian)
1600118021_Achmad Sopian_Full Tesis - Achmad Al-Bantany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pelaksanaan pendidikan Islam di Kampung Landeuh Lebak Banten. Kajiannya dilatarbelakangi dari permasalahan Suku Baduy guna mengungkap keislaman masyarakat Baduy, dan pelaksanaan pendidikan Islam yang dilakukan oleh masyarakat mualaf suku Baduy. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Pelaksanaan Pendidikan Islam mualaf Suku Baduy di Kampung Landeuh Lebak Banten, (2) Hasil dan evaluasi pelaksanaan pendidikan Islam mualaf Suku Baduy di Kampung Landeuh Lebak Banten. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan Triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model deskriptif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan yaitu adanya pelaksanaan pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh mualaf Suku Baduy berupa kajian-kajian keislaman seperti aqidah, fiqih, akhlaq, dan sebagainya. Sehingga dari pelaksanaan pendidikan Islam mualaf Suku Baduy juga menghasilkan pengukuhan keimanan dan kecintaan mualaf terhadap Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Suku Baduy; pendidikan Islam; tanah ulayat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:16
Last Modified: 24 Jun 2022 04:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics