Manajemen pendidikan menurut Hadis Nabi : aktualisasinya di era industri 4.0

A’yuni, Qurotul (2021) Manajemen pendidikan menurut Hadis Nabi : aktualisasinya di era industri 4.0. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600128020_Qurotul_A'yuni] Text (TESIS_1600128020_Qurotul_A'yuni)
1600128020_Qurotul A_yuni_FULL TESIS - 65-Qurotul A_yuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam di Indonesia saat ini tengah mengahadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 ini ditandai semakin sedikit aktivitas terikat secara fisik pada lokasi geografis. Sebab, semua kegiatan manusia berkonversi dari manual menuju digital. Sehingga ini menuntut lembaga pendidikan Islam untuk menciptakan sumber daya yang memiliki work skill dan inovatif. Tentunya diperlukan manajemen yang terampil dalam pengelolaannya. Oleh karena itu, kita patut mencontoh dari seorang manager, yaitu beliau Nabi Muhammad SAW lewat hadis-hadisnya. Sebab penerapan manajemen, model, pendekatan dan metode yang diterapkan terbukti efektif dan efisien.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, bagaimana konsep manajemen pendidikan menurut hadis Nabi? bagaimana aktualisasi manajemen pendidikan menurut hadis di era revolusi industri 4.0? Permasalahan tersebut dibahas menggunakan metode kualitatif. Datanya diperoleh melalui studi dokumentasi. Semua data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat poin manajemen menurut hadis yang berbeda dengan manajemen menurut umum. Jika diaktualisasikan di era 4.0, maka yang perlu dilakukan adalah dengan mereorientasi manajemen dalam menghadapi tantangan era 4.0, mengembangkan pendidikan yang berwawasan global dan bermutu serta penyelarasan kurikulum yang akomodatif dan komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hadis Nabi; revolusi industri 4.0; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:19
Last Modified: 24 Jun 2022 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16060

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics