Bimbingan karakter santri di Pondok Pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak

Arifin, Ari Khoirul (2021) Bimbingan karakter santri di Pondok Pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1800018023_Ari_Khoirul_Arifin] Text (TESIS_1800018023_Ari_Khoirul_Arifin)
1800018023_ari khoirul arifin_FULL TESIS - Ari khoirul Arifin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh santri berkaitan dengan pelanggaran tata tertib yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren. Pentingnya bimbingan karakter yang dilakukan oleh pondok pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak dalam upaya membantu santri yang mengalami kesulitan dalam memperbaiki karakter. Bimbingan karakter merupakan proses pemberian bantuan kepada individu maupun kelompok yang dilakukan secara. berkelanjutan dan terus menerus terhadap mereka yang mengalami kesulitan dalam memperbaiki tingkah laku dengan tujuan membentuk perilaku baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karakter santri serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karakter santri di pondok pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, peneliti menggunakan triangulasi untuk menguji keabsahan data. Analisis dta dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bimbingan karakter santri di pondok pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak sangat dibutuhkan bagi santri dalam memperbaiki karakter sehingga membentuk karakter yang baik seperti kemandirian, kesederhanaan, kedisiplinan dan bertanggung jawab. Pelaksanaan bimbingan karakter santri diberikan secara langsung oleh pengasuh dan ustadz pondok pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak. Waktu pelaksanaan bimbingan karakter dilakukan sesuai dengan jadwal yang tersusun secara sistematis. Materi yang diberikan tidak hanya berkaitan dengan karakter atau akhlak akan tetapi akidah, fiqih, ibadah dan syari’ah. Bimbingan karakter diberikan kepada seluruh santri yang terdaftar di pondok pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak yang terdiri dari 128 santri putra dan putri. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan karakter santri di pondok pesantren Al Istiqomah Kembangan Bintoro Demak melalui metode secara langsung dan tidak langsung. Metode secara langsung diantaranya dilakukan melalui pemberian nasihat, pembiasaan, dan hukuman (takzir), sedangkan metode secara tidak langsung dilakukan dengan meggunakan metode keteladanan. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan karakter santri adalah keteladanan yang diberikan oleh pengasuh dan ustadz secara terus menerus, letak asrama dengan rumah pengasuh sehingga mudah dalam mengawasi dan mengontrol santri, adanya hubungan emosional antara pengasuh dan santri, jadwal yang tersusun secara sistematis, serta adanya sarana dan prasarana maupun dukungan masyarakat setempat. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah latar belakang santri dan kurangnya kesadaran santri dalam mengikuti bimbingan karakter, keterbatasan pembimbing atau ustadz, dan pengaruh dari luar lingkungan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karakter; santri; pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 May 2022 02:14
Last Modified: 21 May 2022 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics